Ads

18 Juni 2011

Kilobot, Batalyon Robot Buatan Harvard

Bagikan:


Kilobot, sebuah robot yang dikembangkan di Self Organizing Systems Research Group, Harvard University, punya keunikan. Jika sebagian besar robot dirancang untuk bekerja individual, maka Kilobot dirancang untuk bekerja dalam kelompok layaknya batalyon prajurit robot.

Kilobot bisa diprogram untuk melakukan tugas tertentu bersama kilobot-kilobot lainnya dalam waktu kurang dari 40 detik dan dikontrol melalui pengendali inframerah. Sekali tugas selesai dirancang, maka satu Kilobot bisa langsung berkomunikasi dengan Kilobot lainnya.

Robot ini terbuat dari bahan yang sangat murah. Biaya pengembangan satu unit Kilobot terhitung sangat murah, cuma 14 dollar AS. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu robot juga hanya 5 menit sehingga menjadikan Kilobot unik dibandingkan robot secanggih apa pun.

Harvard saat ini sanggup menjalankan satu misi dengan batalyon beranggotakan 25 Kilobot. Ditargetkan, nantinya misi bisa dijalankan dengan batalyon yang beranggotakan 1.024 Kilobot. Kalau target ini bisa tercapai, pasti banyak pekerjaan keren yang bisa dilakukan.

Sumber

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...