Ads

18 Juni 2011

Komet Baru Akan Melintasi Bumi Tahun 2013

Bagikan:




Sebuah komet baru akan melintasi Bumi pada tahun 2013, dan akan bisa dilihat dengan mata telanjang, ujar para ahli astronomi.

Teleskop Pan-STARRS 1 di Hawaii mendeteksi sebuah komet yang disebut C/2011 L4 (PANSTARRS). Lalu penemuan tersebut diikuti dengan penelitian beberapa hari sesudahnya. Demikian seperti yang dikutip dariSpace.com, Sabtu (18/6/2011).

"Komet tersebut akan mendekat dengan jarak 50 juta km dari Matahari pada bulan Februari atau Maret 2011; sebuah jarak yang sama dengan planet Merkurius," ujar para peneliti.

Selama jarak terdekatnya itu, komet C/2011 L4 (PANSTARRS) akan dapat dilihat dari Bumi di langit sebelah barat setelah matahari terbenam.

"Komet tersebut memiliki orbit mirip dengan sistem parabolik, yang berarti komet tersebut adalah kali pertama mendekati matahari, setelah itu tidak akan kembali lagi," ujar Richard Wainscoat dari University of Hawaii. Wainscoat adalah salah satu orang yang ikut mengkonfirmasi keberadaan dari komet baru tersebut.

Saat ini, C/2011 L4 (PANSTARRS) berjarak 1,2 miliar km dari Matahari, yang menempatkannya di belakang orbit planet Jupiter. Jadi, saat ini cukup sulit bagi ilmuwan untuk melihatnya.

Teleskop Pan-STARR 1 menemukan komet baru tersebut ketika sedang meneliti langit mengenai kemungkinan ancaman asteroid yang membahayakan Bumi. "Tapi komet C/2011 L4 (PANSTARRS) sendiri tidak membahayakan planet kita," ujar pihak peneliti.

Dalam beberapa bulan ke depan, para ahli astronomi akan terus mempelajari komet C/2011 L4

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...