Ads

27 Juni 2011

Pertarungan di Alam Liar

Bagikan:

Pernah lihat hewan bertarung ? Kalau pernah tapi cuma di kebun binatang, akan sangat berbeda bila hal tersebut terjadi di kehidupan liar (wildlife). Dalam lingkungan buatan manusia, hewan sulit menunjukkan insting mereka yang sesungguhnya, bagaimana mereka saling bertarung satu sama lain, sampai mati.

Pertarungan Antar Sesama

Saat makhluk besar di hutan liar saling bunuh, katakanlah dua gajah dewasa, yang terjadi sungguh luar biasa - tanah serasa bergetar! Atau apa yang terjadi jika sepasang harimau atau singa liar bertarung? Hewan-hewan lain di dekatnyapun akan menyingkir cepat-cepat. Yang menarik adalah gaya bertarung mereka berbeda satu sama lainnya. Burung elang dan beruang kutub juga bisa saling bunuh, tentunya dengan gaya mereka sendiri.


Musuh-musuh Tradisional
Ada banyak hewan di alam liar yang merupakan musuh tradisional satu sama lainnya. Menyaksikan mereka bertarung satu sama lain di alam liar merupakan satu hal yang berbeda. Pernah lihat musang bertarung hidup mati melawan ular? Atau seekor singa versus hyena?

Kekuatan Berhimpun
Banyak hewan liar berburu secara berkelompok. Tujuannya adalah untuk menaklukkan hewan lainnya, baik yang merupakan ancaman maupun memang mangsanya, dan yang sosoknya jauh lebih besar. Sekelompok singa mampu menundukkan seekor gajah untuk dijadikan persediaan makanan selama beberapa hari. Dan sekelompok kuda nil bisa membunuh seekor alligator yang merupakan kompetitornya dalam mencari makan. Sekelompok serigala akan lebih mudah mejatuhkan rusa buruannya.

Kombinasi Aneh
Tidak hanya manusia, hewan-hewan di alam liar bisa saling bertarung, dalam kombinasi yang aneh dan tidak biasa. Alligator versus phyton, banteng lawan anjing, leopard saling bunuh melawan alligator, singa berhadapan dengan harimau, ular yang memaksa kanguru bertekuk lutut, dan alligator yang beringas menaklukkan ikan hiu, bahkan yang lucu angsa melawan rusa. Dalam kehidupan liar, semuanya dalam rangka survival of the fittest.

Makan untuk Keberanian
Kita mungkin tidak menyadarinya, tapi hewan liar berani memburu hewan lainnya yang jauh lebih besar dari ukurannya sendiri. Hewan ini lebih hati-hati menghadapi lawannya, biasanya dengan kejutan. Pertarungan antara kuda nil dengan seekor gajah merupakan suatu hal yang luar biasa. Kuda nil kadang juga memangsa herbivora-herbivora seperti bison dan kawanan hewan lainnya.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...