Ads

18 Juli 2011

Cara Salah Gunakan Laptop Yang Bisa Picu Kebakaran

Bagikan:


Anda sering menggunakan laptop baik untuk menunjang pekerjaan ataupun hanya sekedar browsing atau bermain game dalam waktu yang cukup lama? Nah jika memang demikian, sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan laptop. Mengapa? Karena jika tidak berhati-hati, laptop ternyata juga dapat menimbulkan kecelakaan kerja.

Seperti halnya diungkapkan Praktisi K3 Pertamina UP V Balikpapan, Julius Pasaribu ketika mengawali seminar “Implementasi sistem manajemen K3″ dengan memberikan info yang walaupun hal kecil, tapi mempunyai kemungkinan menyebabkan kebakaran besar.
“Perlu diketahui bahwa semua laptop dilengkapi fan pendingin yang posisinya dibawah sebagai pendingin laptop yang akan berfungsi bila laptop dalam keadaan panas,” jelas Julius.

Jika fan pendingin ini tidak bisa mendinginkan laptop karena digunakan di tempat atau bidang yang tidak datar, maka akan memicu terjadinya kebakaran. Dia mencontohkan, hal kecil seringkali tidak mendapat perhatian dari pemilik laptop, seperti memakai laptop di tempat tidur, posisi sprei, selimut kasur menutupi saluran hisap dari laptop sehingga laptop menjadi panas. Atau apabila laptop dibiarkan hidup maka akan terjadi seperti yang disebut dengan prinsip ‘fire triangle’.

“Udara ditambah panas ditambah lagi ada bahan bakar bisa berpotensi terjadi api dan akhirnya kebakaran,” tambah Julius. Untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat penggunaan laptop, Julius memberikan tips, diantaranya jangan sekali-sekali menggunakan laptop ataupun peralatan elektronik lainnya (hand phone, charger) diatas tempat tidur dan jangan meninggalkan peralatan elektronik dalam kondisi hidup.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...