Ads

9 Agustus 2011

Cucilah Kumis Anda 2x Sehari

Bagikan:


Beberapa pria ada yang sengaja memelihara kumis untuk menunjang penampilannya. Tapi rawatlah kumis dengan rajin mencuci dan mencukurnya agar terbebas dari alergi.

Sebuah studi menunjukkan bahwa laki-laki yang rajin mencuci kumisnya 2 kali sehari dengan menggunakan sabun dan mencukurnya secara teratur akan lebih sedikit mengonsumsi obat antihistamin dan decongestan.

"Seperti pakaian, kulit dan rambut, maka kumis pun rentan sebagai tempat berkumpulnya mikroorganisme dan alergen setiap harinya," ujar Dr Rob Hicks penulis buku Beat Your Allergy, seperti dikutip dari Dailymail, Sabtu (30/7/2011).
Dr Hicks menuturkan dengan rutin mencuci kumis setiap harinya maka bisa membersihkan dan menyingkirkan segala bentuk mikroorganisme dan alergen yang berkumpul di daerah tersebut. Hal ini akan membantunya menghindari alergi seperti bersin-bersin.

"Rajin mencukur kumis juga bisa memberikan perbedaan yang cukup besar dalam mencegah alergi. Hal ini akan lebih mudah dan efektif dilakukan daripada harus mengingat untuk mencuci kumis dua kali sehari," ungkapnya.

Kondisi ini dikarenakan posisi kumis yang dekat dengan hidung, sehingga jika ada debu atau mikroorganisme lain yang berkumpul di kumis akan lebih mudah masuk ke dalam hidung yang bisa memicu seseorang bersin dan alergi.

"Bersin adalah salah satu cara alami tubuh untuk membersihkan benda asing yang menyerang hidung sekaligus memberikannya perlindungan," ujar Dr James Banks, seorang ahli alergi imunologi.

Partikulat yang bisa membuat seseorang menjadi alergi dan bersin-bersin termasuk debu dan alergen umum lain seperti serbuk sari atau bulu binatang. Jika kumis tidak dicuci atau dibersihkan, maka partikulat ini akan berkumpul sehingga membuat seseorang rentan terkena alergi atau justru memperparah kondisi alergi yang sudah dimiliki sebelumnya.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...