Ads

8 Agustus 2011

Kawah misterius di Mars

Bagikan:

Kawah ini, dikenal sebagai Orcus Patera, adalah kawah, aneh berbentuk elips yang terletak di dekat ekuator Mars. Panjang sekitar 240 mil dengan lebar 90 mil, bentuk memanjang yang tidak sesuai dengan model standar pembentukan kawah, meninggalkan misteri yang membingungkan.

Orcus Patera terletak di antara dua gunung berapi terbesar Mars, Elysium Mons dan Olympus Mons (yang juga merupakan puncak tertinggi di tata surya). Kawah itu memiliki bibir yang naik sampai 1800 m di atas dataran sekitarnya, dan mencapai kedalaman 400-600 m di bawah permukaan Mars.

Patera adalah istilah yang digunakan untuk jenis kawah yang tidak teratur terbentuk oleh gunung berapi, dengan contoh-contoh terkenal lainnya termasuk Mars Hadriaca Patera dan Tyrrhena Patera. Namun, meskipun nama dan fakta bahwa diposisikan dekat gunung berapi, asal Orcus Patera sebenarnya masih belum jelas.

Namun, penjelasan teori yang paling mungkin adalah bahwa itu dibuat dalam sebuah dampak miring, ketika asteroid menghantam permukaan dengan sudut yang sangat dangkal, mungkin kurang dari lima derajat horisontal. Hal ini dikenal sebagai dampak miring, dan akan mampu menggali semacam bentuk kawah yang tampak tidak biasa. Namun, tidak ada bukti konklusif yang mendukung salah satu teori, dan sebagainya Orcus Patera tetap menjadi misteri bagi kita sampai kita bisa keluar sana dan kita lihat dari dekat.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...