Ads

9 Agustus 2011

Mobil Antik yang Laku Sampai 8,5 Miliar

Bagikan:


Walaupun eksistensinya di dunia otomotif hanya sebentar, perusahaan "Marmon Motor Car" pernah melahirkan kendaraan-kendaraan luar biasa, satu di antaranya akan dilelang pada acara Monterey. Mobil itu adalah sedan prototip Marmon HCM 1932 V12 dua pintu, yang diperkirakan berharga US$800 ribu - US$1 juta atau sekitar Rp6,8 - 8,5 miliar.

Para calon pembeli harus tahu bahwa ini adalah mobil yang memiliki nilai sejarah tinggi. Menurut rumah lelang spesialis automobile, Auctions, di laman Autoevolution, Senin 8 Agustus 2011, Marmon HCM adalah salah satu prototype mobil yang paling hebat.

Di balik kap mobil ini tertanam mesin V12, yang memiliki 151 tenaga kuda pada RPM 3.700. Pengujian di sirkuit Indianapolis pada Juli 1932 mencatat akselerasi dari 16 km per jam ke 80 km per jam dalam 12,7 detik, dengan kecepatan maksimal 182 km per jam yang dikendarai oleh Wilbur Shaw.

Konsep mobil dibuat dalam workshop spesial di markas Marmon, proyek HCM didanai oleh Howard Marmon sekitar US$160 ribu, namun pada tahap akhir penyelesaian 1933, perusahaan ini sedang dalam perekonomian yang tidak stabil. Tidak adanya biaya, Howard sempat menawarkan konsep mobil ini perusahaan lain untuk dapat diproduksi. Namun, tidak satu pun perusahaan tertarik akan proyek ini. Hingga akhirnya, mobil ini dikandangkan di markas Marmon.

Mobil tersebut kini telah menjalani beberapa perubahan, terutama dari segi pewarnaan yang benar. Mobil ini bereuni dengan desainernya dalam satu acara yang sangat emosional, di mana Marmon HCM 1932 meraih nilai sempurna dan memenangkan penghargaan dengan kategori "Best in Class".

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...