Ads

11 Februari 2012

4 Makanan Pereda Sakit Kepala

Bagikan:

http://www.pustakasekolah.com/wp-content/uploads/2011/12/obat-sakit-kepala.gif

Saat sakit kepala datang, biasanya Anda mungkin segera mengonsumsi obat pereda rasa sakit lalu tidur. Tapi, tahukah Anda kalau beberapa makanan bisa mencegah, bahkan meredakan sakit kepala?

Sebelum mengandalkan obat, coba saja konsumsi empat makanan berikut. Kandungan didalamnya akan sangat membantu Anda untuk meredakan sakit kepala.

1. Semangka
Menurut Stella Metsovas, seorang ahli nutrisi dari California, dehidrasi merupakan pemicu terbesar sakit kepala. Jadi, jika cuaca terasa panas dan Anda merasa pusing, pemicunya bisa jadi karena tubuh kekurangan cairan.

Coba segera konsumsi buah dan sayur yang kaya air dan mineral, contohnya semangka. "Banyak sayur dan buah yang mengandung cairan sekaligus nutrisi tinggi. Ini adalah kunci untuk mencegah dan meredakan sakit kepala," kata Metsovas, seperti dikutip dari womansday.com.

2. Roti gandum
Untuk Anda yang sedang diet rendah karbohidrat, waspadalah. Asupan karbohidrat yang terlalu sedikit, bisa membuat Anda mengalami sakit kepala.

"Ketika Anda mengikuti diet rendah karbohidrat, penyimpanan glikogen akan terkuras. Glikogen merupakan sumber energi pada otak, jadi saat persediaannya berkurang akan muncul rasa nyeri di kepala," kata Erin Palinski, seorang pakar diet.

Jangan sama sekali tak mengonsumsi karbohidrat. Anda harus tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat, konsumsi saja karbohidrat sehat seperti roti gandum atau nasi merah, yang lebih kaya serat.

3. Kacang almond
Sebuah penelitian pernah menemukan bahwa magnesium, yang banyak terdapat di kacang almond, bisa meredakan sakit kepala. Magnesium tersebut berfungsi membuat pembuluh darah tidak tegang, sehingga peredaran darah jadi lebih lancar dan efektif.

Seseorang yang sering mengalami migrain, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan magnesium. Seperti, pisang, avokad, almond dan nasi coklat.

4. Yogurt
Saat sakit kepala, ini bisa jadi sinyal tubuh kalau Anda kekurangan kalsium. Itu karena, menurut Palinski, otak sangat bergantung pada kalsium untuk bisa berfungsi secara efisien dan efektif. Untuk memenuhi kebutuhan Anda bisa mengonsumsi yogurt atau susu.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...