Ads

2 Februari 2012

Kebanyakan Ngegame, Anak Bisa Tumbuh Seperti 'Zombie'

Bagikan:



Kebiasaan main game sampai larut malam bisa membuat anak kurang tidur dan selalu kelelahan. Ditambah berkurangnya kepekaan terhadap lingkungan sosial, generasi anak masa kini dikhawatirkan akan tumbuh seperti 'zombie' alias mayat hidup.


Sebuah badan amal yang peduli terhadap pemainan komputer, Wing South West memperkirakan kesehatan anak-anak yang kecanduan main video game akan sangat mengenaskan. Ibaratnya seperti habis dirajam, hanya saja bukan dengan batu melainkan dengan rasa lelah karena kurang tidur.

"Kami mengamati sejumlah anak yang sepanjang waktu seperti orang habis dirajam, bukan karena memakai obat terlarang tetapi karena kurang tidur setelah main game sepanjang malam," kata Paul Bowser yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Dailymail.

Hal lain yang menjadi keprihatinan para peneliti adalah berkurangnya kemampuan sosialisasi atau bergaul. Anak-anak yang kecanduan game akan kehilangan empati atau kepekaan sosial, sehingga makin mirip dengan zombie dalam film-film horor.

Terlepas dari hasil penelitian tersebut, kebiasaan main game pada anak-anak memang sering dikaitkan dengan risiko kesehatan. Main game membuat anak kurang gerak, sehingga rentan kegemukan maupun menderita penyakit kronis seperti diabetes dan gangguan jantung.

Menanggapi hasil penelitian ini, seorang pemilik toko game di Plymouth, Bradley Brown menilai risiko ini bisa diatasi dengan adanya pendampingan oleh orangtua. Terlebih pada masa kini, banyak game-game yang menyediakan fasilitas pengaturan waktu agar mati sendiri jika sudah terlalu lama.

Malah jika digunakan dengan bijak, video game juga bisa meningkatkan kesehatan. Misalnya jika seseorang sedang merasa stres karena banyak pikiran atau masalah, risiko depresi bisa dikurangi dengan melampiaskan kepenatan tersebut saat bermain game.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...