Ads

2 Februari 2012

Semut Juga Bisa Memberikan Pelajaran Bagi Manusia

Bagikan:

Semut adalah serangga eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae, dan semut termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni. Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut kadangkala disebut superorganisme dikarenakan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Semut telah menguasai hampir seluruh bagian tanah di Bumi. Hanya di beberapa tempat seperti di Islandia, Greenland dan Hawaii, mereka tidak menguasai daerah tesebut. Di saat jumlah mereka bertambah, mereka dapat membentuk sekitar 15 - 20% jumlah biomassa hewan-hewan besar.

Rayap, terkadang disebut semut putih, tidak memiliki hubungan yang erat dengan semut, walaupun mereka memiliki struktur sosial yang sama. Semut beludru, walaupun menyerupai semut besar, tapi mereka merupakan tawon betina yang tidak bersayap.

Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif sangat kecil, semut adalah hewan terkuat kedua didunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Posisi pertama adalah Kumbang Badak dengan kemampuan menopang beban dengan berat 850 kali dari berat badannya sendiri.

Siapa bilang sih hewan itu selalu buruk ? Siapa bilang sih hewan itu selalu jahat ? Siapa bilang sih hewan itu selalu bertengkar?

Malah manusia sendiri yang harus belajar dari mereka , terutama semut ..

Inilah bukti nya bahwa semut lebih dari apa yang kita katakan:

Dalam membagi makanan


Dalam menemukan jalan keluar dengan menggunakan kerja sama


Dalam bergotong royong dalam mencari / membawa makanan


Dalam membagi makanan 1 untuk semua


Teguh untuk membantu


Saling membantu satu sama lain


Saling bersalaman jika bertemu

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...