Ads

6 Mei 2012

5 Mobil F1 dengan Desain Paling Konyol

Bagikan:

Balap mobil Formula 1 memang selalu menghadirkan pesona yang menarik bagi banyak orang. Mobil-mobil cepat yang bentuknya keren saling berpacu dalam lintasan cukup mendebarkan ketika ditonton. 

Nama Michael Schumacher menjadi identik bagi balapan nomor satu dunia ini karena banyak rekor dan sejarah yang tercipta atas namanya. 

Tetapi, kali ini kita tidak akan membahas mengenai legenda hidup Formula 1 tersebut, melainkan membahas tentang mobil-mobil berdesain jelek yang pernah digunakan dalam ajang balap Formula 1.

Dilansir dari Carscoop, ada lima mobil Formula 1 yang desainnya tak sebagus kecepatannya. Berikut daftar lengkapnya:


1. The Walrus Nose Williams FW26

Banyak penggemar F1 tersentak kaget ketika melihat mobil balap yang digunakan tim Williams untuk musim balap 2004 diluncurkan. Beberapa awak media bahkan menyebut mobil FW26 ini seperti binatang mamalia laut Walrus yang sedang terdampar di pantai karena moncongnya yang lebar seperti gigi walrus. 

Sir Frank Williams bersikeras bahwa mobilnya tersebut memiliki segala hal yang diperlukan untuk bersaing dengan tim lainnya seperti Ferrari ataupun McLaren. Sayangnya, harapan itu musnah setelah timnya hanya menempati urutan keempat di kejuaraan F1 tahun 2004.


2. The Tea Tray March 711

Ketika Max Mosley, Alan Rees, Graham Coaker dan Robin Herd membuat March Engineering di tahun 1969, mereka mendapat kritik dari banyak pihak. Namun, keraguan tersebut seolah hilang sesaat setelah mobil March 711 yang dikemudikan oleh Jackie Steward berhasil menjuarai GP Spanyol di tahun 1970. 

Dengan sayap depannya yang aneh, banyak orang menyebut jika mobil balap March lebih mirip seperti Spitfire atau Tea Tray. Meskipun menjadi salah satu mobil balap dengan desain terburuk, mobil ini telah membantu Ronnie Peterson menempati posisi kedua klasemen akhir dan telah merasakan podium sebanyak 5 kali di musim tersebut.


3. The Lobster Claw Brabham BT34

Ron Tauranac telah membuat perubahan bagi tim Brabhams setelah membeli saham tim tersebut tahun 1971. Ia langsung membuat mobil balap berbentuk seperti capit lobster. 

Mobil bernama BT34 ini memiliki spoilerdepan yang terpisah dengan radiator. Meski dikritik, mobil ini berhasil memenangi balapan di sirkuit Silverstone. 
Sebelum dipegang Touranac, mobil Brabham terkenal karena masih menggunakanspaceframe gaya lama di saat tim lainnya sudah menggunakan chassis monoshock. Akhir tahun 1971, Turanac kemudian menjual sahamnya kepada Bernie Ecclestone.


4. The Snow Plough Ferrari 312B3

Tim dengan nama besar seperti Ferrari ternyata pernah membuat mobil balap dengan desain yang jelek. Adalah Mauro Forghieri yang dipercaya untuk mendesain mobil balap untuk tahun 1973.

Mobil yang dijuluki "Spazzaneve" atau pembajak salju karena bentuk front-endyang menyerupai sekop, menjadi bahan kritikan banyak orang. Musim yang dilalui oleh Forghieri dengan mobil 312B3 tak semulus harapan para petingginya, Forghieri pun dipulangkan kembali ke Italia.


5. The Teapot Ligier JS5

Musim balap 1976 menjadi debut tim Ligier di ajang Formula 1 dan diawali dengan desain mobil balapnya yang aneh. Mobil rancangan Gerard Ducarouge ini memiliki airbox besar yang menyerupai teko besar.

Meskipun bentuknya yang menjadi cibiran banyak pihak, JS5 adalah mobil yang paling offensive sebagai penantang di Formula 1 dengan memperoleh tiga podium dan sebuah pole positions kala itu

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...