Ads

19 Mei 2012

Warren Buffett Beli 63 Media Lokal

Bagikan:



Salah satu orang terkaya dunia, Warren Buffett, terus melancarkan aksi akuisisinya pada tahun ini, Kini, pria berjuluk Oracle of Omaha ini membeli perusahaan media pemilik 63 surat kabar lokal Amerika Serikat, Media General. 

Media General merupakan pemegang saham dari surat kabar yang beredar di wilayah seperti Alabama, North Carolina, South Carolina dan Virginia. 

Seperti dikutip VIVAnews dari lamanguardian.co.uk, Jumat, 18 Mei 2012, langkah akuisisi Buffett ini dilakukan oleh anak usaha Berkshire Hathaway, BH Media. Tak kurang dari US$142 juta (Rp1,27 triliun) uang tunai diserahkan dalam transaksi tersebut. 

Selain uang tunai, Buffett juga bakal menyediakan pinjaman sebesar US$400 juta bagi Media General dan US$45 juta sebagai kredit bergulir. Dana tersebut disalurkan lewat perjanjian kredit yang terpisah dari akuisisi ini. 

Langkah Buffett masuk ke media cetak ini menambah panjang catatan akuisisi yang dibuat miliarder AS ini. Akhir tahun lalu, Buffett telah membeli perusahaan media cetak, Omaha World Herald Company, yang merupakan media lokal di Omaha dan pemilik enam media lokal lainnya. 

Dalam sebuah rapat umum pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway beberapa waktu lalu, Buffett memang sempat mengungkapkan rencananya mengakuisisi media lokal lainnya. 

"Kami mungkin akan membeli lebih banyak media cetak. Saya pikir perekonomian akan baik-baik saja," kata dia. 

Buffett juga pernah menyatakan, langkahnya berinvestasi di bisnis surat kabar dilakukan dengan pertimbangan yang matang dengan harga yang masuk akal. "Mereka harus menunjukan peluang untuk menjadi perusahaan yang tak hanya merugi," katanya. 

Buffett bukanlah satu-satunya miliarder dunia yang masuk dalam bisnis media. Salah satu orang terkaya nomor satu dunia, Carlos Slim, juga diketahui menjadi pemegang saham besar dari media New York Times. 

Awal tahun ini, putra dari pemilik tambang besar Lang Hancock, Gina Rinehart, juga menjadi pemegang saham dari perusahaan media Australia, Fairfax Media. Perusahaan ini merupakan pemegang saham The Age, Sydney Morning Herald, dan media-media lain di Australia.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...