Ads

17 Juni 2012

Buru Gadget dan Tiket Murah dengan Telunjuk

Bagikan:



Pencarian spesifik harga perangkat teknologi atau gadget seperti ponsel, tablet, dan laptop akan memunculkan banjir hasil ketika mengetik di Google. Anda perlu menelusuri satu per satu untuk membuat perbandingan harga. 

Serupa dengan pencarian gadget, mencari tiket pesawat murah untuk liburan hemat juga perlu perbandingan harga. Dengan begitu banyak maskapai yang telah menjual tiket online, Anda bisa mengakses semua situs dan mencatat harganya untuk diadu. 

Portal Telunjuk.com buatan lokal hendak memfasilitasi pencarian gadget dan tiket pesawat agar lebih mudah. Anda bisa mengetahui rentang harga gadget termurah hingga termahal. Ini bisa menjadi rujukan sebelum berbelanja di toko online atau toko barang elektronik biasa. 

Telunjuk membantu mencari harga produk elektronik laptop, ponsel, dan tablet dengan detail spesifik. Anda bisa mencari perangkat berdasarkan merek, jaringan, dan spesifikasi teknis. Anda bisa melakukan pencarian rekomendasi produk berdasarkan kehadiran fitur WiFi, GPS, kamera, radio FM, Bluetooth, dan OS. Pencarian juga bisa menyesuaikan budget keuangan Anda.  

Untuk tiket pesawat, hasil pencarian bisa dibuat rinci hingga waktu keberangkatan. Telunjuk akan membandingkan tarif Air Asia, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Batavia Air, dan Lion Air. Anda tinggal mengisi lokasi keberangkatan, tujuan, dan tanggal keberangkatan. 

Berikut tiga cara mengakses layanan pencarian Telunjuk:

Browser

Buka fitur browser pada ponsel Anda. Ketik alamat ini

Telunjuk akan memperlihatkan empat menu yakni laptop, handphone, tablet, dan tiket. Setiap pencarian dalam disesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Input Data Pencarian Gadget Murah di Situs Telunjuk
Kecepatan hasil pencarian bergantung pada koneksi internet operator jaringan Anda. Metode input data versi browser bisa direspon hanya dalam kisaran kurang dari 1 detik. 

Pencarian tiket pesawat juga direspon kurang dari satu detik. Telunjuk langsung menampilkan harga dan jam keberangkatan dari berbagai maskapai yang bisa Anda pilih. Pengujian menggunakan koneksi WiFi. 

SMS

Telunjuk memberikan cara yang lebih mudah dengan SMS. Pengecekan harga handphone, laptop, dan tablet dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 3789. Untuk lengkapnya bisa dilihat di www.telunjuk.com/tiket

Pencarian Tiket Pesawat Murah via SMS Situs Telunjuk
Telunjuk langsung mengarahkan Anda kepada harga tiket pesawat termurah. Apabila Anda belum bisa menentukan waktu tepat keberangkatan, Anda bisa mencari alternatif lain melalui akses browser. Layanan via SMS dikenai biaya Rp1.000 tiap sms.

“Kami menyadari meskipun pertumbuhan jumlah pengguna Internet Indonesia terus meningkat, jumlah masyarakat Indonesia yang belum melek internet juga masih sangat besar. Padahal hampir seluruh penduduk Indonesia sudah memiliki feature phone atau smartphone yang terkoneksi dengan internet," ujar Hanindia Narendrata selaku CMO dari Telunjuk.com.

"Pengecekan harga melalui SMS ini adalah salah satu strategi kami untuk mengedukasi dan memperkenalkan masyarakat terhadap kegunaan internet. Di setiap jawaban SMS yang kami kirimkan, kami sertakan juga link atau tautan yang dapat diakses dengan mudah,” imbuhnya.
 
Twitter

Pengguna Twitter bisa mencari harga dengan mention akun @telunjukdotcom. Tambahkan tagar #hp, #laptop, #tablet, dan #tiket sesuai pencarian. 

Penelusuran melalui Twitter belum berjalan mulus. Ketika diuji, hasil pencarian tiket pertama menyebutkan, "Jadwal tidak ditemukan atau informasi tidak lengkap, lengkapi informasi Anda dengan urutan: kota Asal, kota Tujuan, tanggal Keberangkatan." Tanpa perlu memuat mention baru, tiba-tiba akun @telunjukdotcom langsung menampilkan hasil yang diinginkan selang beberapa detik.


Pencarian Gadget dan Tiket Pesawat Murah via Twitter @Telunjukdotcom
Hasil penelusuran tiket pesawat lebih lama sekitar 2 menit dibanding pencarian gadget. Ketika tweet tentang gadget dikirim, hanya butuh kurang dari satu detik untuk dibalas. 
Layanan Telunjuk yang didirikan oleh Redya Febriyanto dan Hanindia ini sebelumnya tampil sederhana. Di bawah bimbingan Project Eden, Telunjuk menunjukkan perkembangan yang signifikan. Tampilan antarmukanya simpel dan bersih. Hasil pencarian juga lengkap. Portal yang rilis pada Maret 2012 ini masih terbuka untuk pengembangan yang lebih baik lagi.
Telunjuk perlu membenahi layanan Twitter saja. Rekomendasi toko yang menyediakan harga termurah juga bisa ditambahkan.
Pengujian menggunakan simulator BlackBerry OS 7.1, BlackBerry Curve 9220 dengan jaringan WiFi. (irb)

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...