Ads

14 Juli 2012

Smartphone yang Didesain untuk Tuna Netra

Bagikan:


Georgie, Smartphone khusus tuna netra
Smartphone yang didesain khusus untuk tuna netra telah diluncurkan. Georgie. Seperti smartphone pada umumnya, perangkat ini memiliki layar sentuh, tapi dibantu dengan fitur suara dan berbagai aplikasi untuk membantu aktivitas tuna netra.

Dengan demikian, smartphone ini membantu para tuna netra untuk naik bus, membaca teks cetak, dan menunjukkan lokasi dengan tepat.

Ponsel ini dirancang oleh seorang suami-istri tunanetra, Roger dan Margaret Wilson-Hinds dari Peterborough. Pasangan ini menjalankan perusahaan nirlaba, Screenreader. Nama perangkat pun diambil dari nama anjing yang membantu pasangan ini beraktivitas, Georgie.

Georgie didukung oleh sistem operasi Android dan menggunakan handset Samsung yang sudah ada seperti, Samsung Xcover dan Galaxy Ace 2. Fitur sms pun juga dengan mudah bisa digunakan tuna netra. 

"Saya bisa mengirim teks pertama saya lebih awal tahun ini, berkat Georgie," kata Wilson-Hinds seperti dikutip dari BBC.

"Ini pengalaman digital yang kami inginkan. Untuk membuat mudah mereka yang memiliki kesulitan penglihatan atau pun yang tidak," ujarnya. "Hal ini juga akan membantu memecahkan masalah sehari-hari bagi tuna netra, sehingga mereka dapat lebih percaya diri tentang navigasi dunia nyata dan menjadi mandiri."

Menurut Robin Spinks, manajer utama aksesibilitas digital pada Royal National Institute of Blind People, penelitian terus menunjukkan bahwa banyak tuna netra yang berjuang dengan kompleksnya teknologi smartphone yang ada saat ini.

"Georgie harus dipuji, karena memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur dari berbagai ponsel pintar modern dengan cara yang mudah digunakan dan mudah diakses," ucap Robin.

Ponsel pintar ini memungkinkan pengguna memanggil nomor dengan layar sentuh yang dibantu suara dan menggunakan input pembicaraan untuk mengirim pesan teks.

Aplikasi lain juga tersedia dalam tiga bundel yang berbeda. Aplikasi itu adalah travel, gaya hidup dan komunikasi. Setiap bundel dikenakan biaya 24,99 poundsterling.

Ponsel ini didistribusikan oleh Sight and Sound Technology, sebuah perusahaan yang menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk tuna netra dan gangguan penglihatan.

Perangkat ini tersedia mulai 299 poundsterling atau setara smartphone Android yang banyak beredar. Sebuah versi yang mampu diunduh juga dapat dibeli dari Google Play dengan harga 149 poundsterling.

Perangkat khusus ini muncul dengan belum diisi data kartu SIM. Pengguna dengan kontrak ponsel yang belum ada dapat memiliki perangkat ini yang dipindahkan ke perangkat baru atau menginstal kartu SIM pay-as-you-go.

Di Inggris, hampir dua juta orang yang hidup dengan kehilangan penglihatan, dengan 360 ribu terdaftar sebagai tuna netra.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...