Ads

10 Agustus 2012

10 Tips Ngabuburit Asyik ala Gamer

Bagikan:



Semua umat Muslim tentu saja menyambut kedatangan bulan suci – Ramadhan dengan penuh suka cita. Selain sberkah dan kesempatan yang ia tawarkan, bulan puasa juga menawarkan tantangan yang tidak mudah untuk ditakhlukkan. Menyesuaikan irama tubuh untuk tidak mengkonsumsi apapun selama lebih dari 12 jam, mengubah waktu tidur, namun di sisi yang lain – tetap beraktivitas seperti biasa tentu menuntut kita untuk beradaptasi kembali selama sebulan penuh. Untungnya bagi para gamer, selalu ada cara untuk membuat proses ini jauh lebih mudah untuk dilalui, tetapi sekaligus juga menyenangkan. Video game menjadi jawaban yang paling efektif untuk menghasilkan efek “time-warp” yang akan memudahkan Anda, namun tentu saja dengan berbagai penyesuaiian agar tidak berseberangan dengan konsep, perintah, dan larangan yang harus dipatuhi selama bulan Ramadhan ini.

Jadi, apa saja yang harus dipersiapkan oleh gamer agar dapat melewati bulan Ramadhan ini dengan mudah? Inilah 10 tips ngabuburit asyik ala gamer:

1. Jangan Ada Cemilan Di Radius 100 m!


Melakukan sesuatu yang menyenangkan memang tidak akan lengkap tanpa kehadiran makanan, termasuk bermain game. Sebagai pasokan energi tambahan selama beraktivitas, cemilan memang menjadi salah satu bagian krusial untuk menjadikan pengalaman bermain game semakin maksimal, apalagi jika Anda disuguhi dengan berbagai snack favorit di dalamnya. Hal ini tentu saja bertentangan dnegan konsep Ramadhan sendiri yang menuntut Anda untuk menahan lapar dan haus selama satu hari penuh. Oleh karena itu, untuk mencegah “ketidaksadaran” Anda secara otomatis mengambil makanan selama bermain game, ada baiknya jika Anda memastikan tidak ada cemilan dalam radius 100 m di sekitar Anda. Setidaknya cukup untuk mencegah tubuh dan tangan Anda secara tidak sadar bergerak menuju ke makanan kecil pengundang selera ini.

2. Berfokuslah Pada 3 Genre Permainan: MOBA, Sports, dan Simulation


Dari semua genre permainan yang tersedia di industri game, ada 3 genre yang akan membantu Anda mengalami time-wrap dengan efektif selama berpuasa. Mengapa MOBA? Game-game seperti DOTA, HON, dan LOL membutuhkan waktu penyelesaian sekitar 40-60 menit / pertandingan. Dengan sistem RPG kompetitif yang diusungnya, hampir tidak mungkin Anda hanya akan berhenti di 1-2 pertandingan. Anda dapat menghabiskan waktu 3-5 jam tanpa Anda sadari dengan MOBA. Mengapa Sports? Memainkan game olahraga, terutama sepakbola seperti FIFA dan PES, sudah pasti akan menghasilkan atmosfer kompetitif yang akan membuat Anda sulit untuk berhenti bermain. Anda akan menghabiskan waktu hingga 2-3 jam hanya untuk berusaha saling mengalahkan. Lantas bagaimana dengan simulation? Ini mungkin menjadi sarana yang paling efektif. Memainkan game seperti Civilation 5, The Sims, atau Sims City bahkan cukup untuk membuat Anda lupa berbuka puasa hingga bertemu dengan waktu sahur kembali. No kidding..

3. Singkirkan Alat Penunjuk Waktu dalam Bentuk Apapun


Waktu adalah sebuah konsep yang relatif. Lama atau cepatnya waktu sangat bergantung pada pengalaman atau ekspektasi Anda. Semakin Anda menaruh perhatian yang besar pada waktu yang berlalu, maka semakin lama pula ia akan terasa. Oleh karena itu, untuk menjamin efek time-warp yang lebih maksimal, ada baiknya jika Anda menyingkirkan segala macam bentuk alat penunjuk waktu yang berada di sekitar Anda. Akan menjadi sesuatu yang percuma, jika Anda memainkan game-game MOBA dan Sports tetapi dengan fokus yang terus memerhatikan detik di jam yang berjalan sangat lambat, sembari menahan keinginan untuk berbuka puasa secepat mungkin. Lebih baik menyingkirkan terlebih dahulu semua alat penunjuk waktu ini dan menikmati game yang sedang Anda mainkan dengan semaksimal mungkin. Ini akan membantu efek time-warp yang Anda butuhkan. (Catatan redaksi: Tentu saja kami tidak menyarankan Anda untuk melewatkan waktu sholat. Anda selalu bisa menggunakan sistem alarm atau minta orang lain untuk mengingatkan)

4. Read the Walkthrough!


Bagaimana jika Anda sudah mulai lelah dengan video game dan mulai bingung dengan kegiatan lain seputar game lain apa lagi yang bisa Anda lakukan? Jika Anda memiliki waktu yang cukup banyak, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencari arsip walkthrough di dunia maya dan mulai membacanya secara detail, terutama untuk game-game yang sedang Anda mainkan saat ini. Mencegah spoiler, walkthrough biasanya memiliki seksi yang akan membantu Anda untuk menjelajahi dunia game yang sedang Anda mainkan dan membuka setiap rahasia darinya, apalagi jika game yang sedang Anda mainkan adalah RPG. Ada kepuasan tersendiri untuk mempelajari semua hal ini dan memastikan diri untuk menyelesaikan setiap sub-quest, mendapatkan equipment terbaik, atau meraih ending rahasia yang sulit. Walkthrough akan sangat membantu, baik untuk progress permainan Anda, atau untuk sekedar menghabiskan waktu.

5. Kesempatan Terbaik untuk Bernostalgia


Jika Anda termasuk gamer yang seringkali berkunjung ke JagatPlay, maka Anda tentu sempat mengenal salah satu fitur eksklusif kami – NostalGame yang membawa Anda menikmati kembali game-game lawas yang berkualitas di masa lalu. Daripada sekedar membaca artikel dan bernostalgia, bulan Ramadhan juga dapat menjadi kesempatan terbaik untuk membuat nostalgame versi Anda sendiri. Dengan emulator yang tersebar luas di dunia maya, Anda bisa memainkan game-game lawas ini di PC Anda, dengan kebutuhan spesifikasi yang tidak terlalu berat. Ada begitu banyak game adiktif yang dapat Anda nikmati kembali, terutama seri-seri RPG jempolan yang sempat dirilis di Playstation.

6. Merapikan Katalog Game


Hal lain apa lagi yang bisa Anda lakukan jika Anda sudah menyelesaikan semua game yang Anda miliki dan tidak memiliki bahan walkthrough apapun lagi untuk dibaca? Maka ini akan menjadi kesempatan terbaik Anda untuk mulai menyusun dan merapikan kembali katalog game yang Anda miliki. Sudah bukan rahasia lagi, jika sebagian besar dari kita memang memiliki kecenderungan untuk meletakkan game yang sudah kita selesaikan begitu saja di tempat terdekat. Sembari menunggu waktu berbuka, tidak ada salahnya jika kita mulai memberikan perhatian khusus kepada judul-judul game yang sempat menemani waktu bermain kita. Anda boleh mulai merapikan game Anda, menyusun sebuah katalog, atau sekedar mengkategorikannya dalam susunan alphabetical  atau berdasar genre. Susunan game yang rapi tentu saja akan membuat hati Anda lebih senang dan nyaman.

7. Sediakan Game Mobile Adiktif ketika Anda Berpergian


“Mengikat” diri dengan konsol dan PC rumahan Anda selama satu bulan penuh tanpa beraktivitas di luar dengan dalih ngabuburit tentu saja tidak mungkin terjadi. Ada kalanya, Anda tetap harus beraktivitas di luar rumah dan berhadapan dengan cuaca yang seringkali tidak bersahabat. Jika Anda merupakan seorang gamer, selalu ada solusi ketika situasi seperti ini muncul. Jika Anda tidak memiliki handheld seperti PSP atau Nintendo 3DS, maka Anda selalu dapat mengandalkan smartphone dengan sistem operasi sebagai cara untuk memunculkan efek time-warp. Caranya? Dengan memiliki game-game ringan (puzzle) yang  akan membuat Anda merasa tertantang untuk terus melakukan proses trial dan error. Terpaku pada layar smartphone Anda sembari berusaha menyelesaikan game-game seperti ini cukup efektif.

8. Hindari Game yang Dapat Membuat Anda Frustrasi dan Memaki


Salah satu cobaan terberat di bulan Ramadhan bukan hanya sekedar kebutuhan untuk menahan haus dan lapar, tetapi juga nafsu amarah. Hampir semua game mungkin akan membantu Anda menciptakan atmosfer yang lebih menyenangkan sehingga terhindari dari nafsu yang satu ini. Tetapi patut dicatat, tidak sedikit game yang justru akan muncul sebagai “godaan” untuk melepaskan kata-kata kasar tanpa Anda sadari. Game-game dengan tingkat kesulitan tinggi seperti Demon Souls atau Dark Souls justru berpotensi menimbulkan frustrasi yang dapat berujung pada tingkat emosi yang memuncak. Tidak hanya itu saja, game-game online kompetitif seperti DOTA 2 atau HON online juga dapat memunculkan efek yang sama. Bagaimana tidak? Bayangkan jika Anda bermain dengan newbie-newbie yang tidak bahkan tidak becus untuk menggunakan skill heronya pada tempat dan saat yang tidak. Kata-kata kasar sudah pasti meluncur dengan “manis”.

9. Saatnya Memainkan MMORPG


Bagaimana jika Anda sudah menyelesaikan semua game konsol / PC yang sudah Anda mainkan, dan Anda tidak tahu lagi harus melakukan time-warp dengan cara apa.. Ini mungkin menjadi saat yang tepat untuk melirik game MMORPG yang jumlahnya kian membludak. Anda memiliki cukup banyak pilihan yang menarik saat ini, dari game-game adaptasi yang dihadirkan oleh publisher besar Indonesia hingga beberapa game MMORPG free to play yang disediakan oleh portal besar seperti Steam. Quest yang tidak pernah selesai, grinding dan farming exp, hingga dunia luas yang dapat dijelajahi tentu menjadi pesona yang akan membuat Anda mengalami time-warp dengan mudahnya. Setidaknya bertahanlah memainkan game-game ini selama sebulan. Adiksi selanjutnya? Itu di luar tanggung jawab kami.

10. Delete All the Ero / Hentai Games!


Ramadhan adalah bulan yang suci, kesempatan yang paling tepat untuk belajar menahan dan mengendalikan semua hasrat yang selama ini bisa dikategorikan sebagai basic instinct manusia yang naluriah, termasuk seks. Tidak mengherankan jika banyak gamer pria yang kemudian memilih untuk menikmati “konten-konten” terlarang ini melalui game-game ero / hentai yang memang seringkali lahir dari Jepang. Untuk memastikan bulan puasa Anda berjalan dengan khidmat, ada baiknya jika Anda menghapus dulu semua game ero / hentai Anda ini, atau jika tidak, sekedar menyembunyikannya agar tidak dapat diakses lewat desktop dengan begitu mudah. Ini tentu akan sangat membantu Anda untuk mengendalikan insting Anda yang satu ini. Keputusan untuk melakukan proses instalasi kembali setelah puasa? Itu semua kembali pada keputusan Anda.

Berikut di atas adalah 10 Tips Ngabuburit Asik ala Gamer menurut versi JagatPlay. Jika Anda memiliki saran / tips yang ingin dibagikan ke gamer yang lain, jangan ragu untuk meninggalkan komentar Anda di bawah ini. Selamat berpuasa, selamat menahan hawa nafsu, dan selamat bersenang-senang!

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...