Ads

24 Agustus 2012

5 'Wajah' Microsoft dari Masa ke Masa

Bagikan:



Setelah 25 tahun, logo Microsoft berubah. Perusahaan software terbesar di dunia itu kini hadir dengan logo yang simpel, namun memiliki arti tersendiri.


Dalam logo barunya, jendela empat warna yang menjadi ciri khas OS Windows besutan Microsoft muncul di samping tulisan Microsoft. Akan tetapi dibuat dengan gaya baru yang terlihat lebih tegas dan lebih simpel dengan empat kotak warna.



Logo baru ini mengubah jenis huruf yang tertulis di kata Microsoft menggunakan font Segoe. Pada huruf 'f' dan 't' di akhiran kata Microsoft juga terhubung dengan satu garis. 



Microsoft sudah beberapa kali mengganti logo perusahaan sepanjang sejarahnya. Berikut sejarah pergantian logo Microsoft yang disarikandetikINET dari berbagai sumber.



1. 1975-1979



Logo pertama Microsoft ini digunakan pada tahun 1975 sampai 1979, pada masa awal berdirinya perusahaan. Hurufnya bergaya disko, sesuai dengan tren di era tersebut. Konon, Paul Allen dan Bill Gates selaku pendiri Microsoft, membuat logo di atas hanya dalam waktu 24 jam. Mereka mengunakan program komputer Basic untuk mendesainnya.



Logo ini merefleksikan arti Microsoft, dengan Micro di baris pertama dan Soft di baris kedua. Micro sendiri berarti 'microcomputers' dan soft berarti 'software'.



2. 1980 - 1981



Pada tahun 1980, Microsoft memutuskan kembali melakukan perubahan logo meski hanya digunakan dalam waktu singkat. Desainnya terlihat tanpa kompromi dengan garis-garis yang tegas, yang merefleksikan zaman ketika video game dan komputer sedang hangat dibicarakan. Logo ini dibuat satu tahun sesudah Microsoft pindah kantor ke Washington.


3. 1982-1986

Logo kedua Microsoft tidak lama digunakan karena pada tahun 1982, Microsoft kembali mengubah logo tersebut. Yang mencolok dari logo ini adalah huruf o di bagian tengah paling berbeda desainnya dengan huruf yang lain, dikenal dengan sebutan Bibblet.  Ini untuk menyimbolkan bahwa o adalah huruf yang menyambungkan kata Micro dan Soft. Terinspirasi dari logo tersebut, kantin Microsoft sempat menyajikan menu burger yang dinamakan Bibblet.


4. 1987-2012


Tahun 1987, Microsoft mendesain logo baru yang cukup lama digunakan, yaitu sampai tahun ini. Kembali huruf o menjadi perhatian khusus di sini, karena terlihat tidak utuh. Huruf o yang digores ini menekankan hubungan antara o dan s. Ada yang menilai huruf o tersebut mirip dengan karakter Pacman.

5. 2012



Setelah 25 tahun berselang, Microsoft baru menghadirkan logonya. Logo ini punya dua komponen, yaitu huruf dan lambang berupa kotak berwarna warni. Lalu apa artinya?


"Untuk tulisan logo, kami menggunakan font jenis Segoe yang juga digunakan di produk dan marketing komunikasi kami. Simbol dengan kotak berwarna warni ditujukan untuk mengekspresikan portofolio produk perusahaan yang beragam," demikian keterangan Microsoft.

Sumber

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...