Ads

24 Agustus 2012

Cara Menyimpan Paket APK dari Google Play

Bagikan:


Bagi pengguna Android pasti tidak asing dengan file berekstensi *.apk. APK adalah file paket distribusi aplikasi, bisa dibilang file installer aplikasi atau aplikasi mentahan di Android.

Pengguna dengan mudah mendownload dan langsung menginstall paket APK lewat Google Play tanpa perlu repot dengan segala instruksi instruksi yang merepotkan. Mungkin terlihat mudah, hanya tinggal menunggu download saja lalu selesai. Namun ketika aplikasi mengalami error atau konflik karena suatu hal. Pengguna terpaksa harus menguninstall aplikasi. Secara otomatis aplikasi sudah hilang dari Android. Jika ingin menginstallnya kembali terpaksa pengguna harus mendownloadnya lagi. Jika aplikasi berukuran kecil dan memiliki koneksi cepat tidak begitu masalah. Bagaimana jika aplikasi berukuran jumbo dan koneksi tidak begitu memadai?

Astro File Manager dapat menyimpan aplikasi yang telah diunduh menjadi APK dengan cara membackup aplikasi yang telah diinstall ke dalam bentuk paket APK kembali. Sehingga jika terjadi konflik atau error dapat membuka backup kapan waktu.

Berikut trik cara membackup aplikasi di Astro File Manager, pertama - tama unduh dan install Astro File Manager dari Google Play.

Setelah diinstall masuk ke Astro File Manager lalu pilih Application Backup

SC20111102 181939

Maka akan ditampilkan daftar aplikasi - aplikasi yang telah diinstall, centang aplikasi yang ingin di backup. Setelah selesai memilih lalu pilih Backup. Tunggu beberapa saat hingga semua aplikasi terpilih dibackup.

SC20111102 182001

Setelah proses backup selesai, semua aplikasi akan disimpan di direktori /sdcard/backup/apps

SC20111102 182155

Selamat Mencoba

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...