Ads

2 Agustus 2012

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Berbuka Puasa!

Bagikan:


Azan Magrib yang menandakan waktu berbuka puasa sering disalahartikan. Karena tak tahan lapar seharian, saat buka puasa sebagian orang 'membalas dendam' dengan memakan apapun yang mereka suka. Bahkan sampai kekenyangan.

Menurut Purnawati Hustina Rachman, community nutritionist dari IPB, ada beberapa makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa. Tujuannya tak lain agar tubuh tetap sehat. Apa saja makanan dan minuman tersebut?

1. Takjil manis berlebihan
Mengawali berbuka puasa dengan takjil manis memang dianjurkan, namun jangan berlebihan. Setelah menyantap kolak tidak perlu dilanjutkan dengan minum es teh manis dan es campur. Pilih saja air putih untuk menemani makan dan buah segar untuk mencuci mulut.

2. Soda
Soda banyak mengandung pemanis buatan, sehingga dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang terlalu tinggi dalam waktu cepat. Apalagi jika ditemani dengan berbagai makanan dan minuman manis lainnya. Perut yang seharian kosong juga bisa semakin kembung karena mengonsumsi soda yang mengandung gas.

3. Gorengan
Gorengan yang gurih renyah sering menjadi menu takjil. Sebut saja mendoan, tahu isi, dan risol. Padahal, gorengan tinggi lemak dan dapat mengganggu proses pencernaan. Batasi konsumsi gorengan selama bulan puasa agar tubuh tetap bugar.

4. Makanan bersantan
Semangkuk gulai babat terlihat begitu menggiurkan untuk lauk berbuka puasa. Hati-hati, makanan yang bersantan dan mengandung jeroan ini sangat tinggi lemak! Akibatnya pencernaan bisa terganggu sehingga masalah sembelit pun banyak terjadi di bulan puasa. Ganti dengan soto ayam bening yang lebih sehat.

1 comments:

seh,,baru tau Saya kalo bisa kaya gitu,,
makasih bro info,a,,!! :D

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...