Ads

2 Agustus 2012

Jenis-Jenis Kode Error pada Internet

Bagikan:

Ketika sedang menyelami dunia maya, tentu saja tak semulus seperti yang kita inginkan. Tak jarang berbagai kesalahan (Error) kita jumpai dan membuat kita jengkel. Entah karena masalah jaringan, atau memang website yang mengalami gangguan. Kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah Error 404 Not Found, tapi sebenarnya masih banyak lagi kode kesalahan yang muncul dan tergantung jenis Errornya. Pesan Error tersebut merupakan pesan yang di sampaikan oleh service websibe kepada browser. 
 
Taukah Anda pengertian pesan error yang disampaikan tersebut? berikut ini beberapa pesan kode Error yang sering muncul dan penjelasan dan arti Error tersebut.
Error 404: Not foud
Kode kesalahan ini yang paling sering kita temui ketika mengunjungi sebuah website, Page Not Found artinya browser tidak bisa menemukan halaman yang kita cari dikarenakan berbagai kemungkinan yaitu situs telah dihapus oleh pemiliknya, atau server tempat dimana situs itu disimpan mengalami gangguan. Halaman akan kembali dapat diakses jika pemilik memunculkan kembali.
Error 400 : Bad request
Kode kesalahan 400 (Error bad request) sering ditemukan ketika kita salah mengetikkan alamat situs, coba periksa kembali pada adrress bar browser. Atau kemungkinan lain server situs sedang mengalami gangguan, sehingga tidak dapat mengenali permintaan komputer Anda.
Error 403 : Forbidden
Nah, kalau kasus Error 403, artinya halaman yang ingin kita tuju sebenarnya ada, namun disembunyikan oleh pemiliknya (forbidden access). Pemilik situs sengaja menyembunyikan situs dari beberapa IP atau semua orang.
Error 401 : Unauthorized
Jenis kesalahan ini biasanya ketika kita membuka sebuah halaman yang membutuhkan akses login terlebih dahulu. Namun, sebagian besar situs saat ini sudah otomatis menampilkan halaman login, tanpa menampilkan kode error 401
Error 413 : Request Entity Too Large
Jika Anda menemukan kode kesalahan seperti ini artinya, data yang diminta terlalu besar dan komputer server tidak bisa menampung besarnya data yang Anda minta.
Error 414 : Reques URL Too Long
Pesan error seperti ini sudah jarang dijumpai karena URL sudah dibuat sedemikian rupa lebih singkat. Kode error ini berarti URL yang ingin dituju terlalu panjang dan server tak mampu memprosesnya.
Error 409 : Conflict
Pesan error ini muncul ketika kita sedang mengakses sebuah situs, namun pada saat yang bersamaan pemilik situs sedang mengedit halaman sehingga terjadi konflik, dan tidak dapat diproses oleh komputer server.
Error 410 : Gone
Pesan kesalahan ini berarti halaman yang diminta sudah dihapus secara permanen, atau domain website tersebut sudah expired.
Error 408: Requst Timeout
Pesan error seperti ini biasa terjadi ketika koneksi jaringan internet kita lambat, sehingga komputer server memutus requst karena terlalu lama. Untuk mengatasinya, refresh browser. Jika masih sama, maka reset modem dan koneksikan ulang.
Error 405: Methode Not Allowed
Pesan ini muncul jika koneksi menggunakan metode yang tidak didukung oleh komputer server.
 

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...