Ads

17 September 2012

Mata Cenat-Cenut Karena Komputer? Coba Trik Berikut Ini

Bagikan:


Pekerja kantoran biasanya harus menghabiskan waktu lebih dari dua jam untuk bekerja di depan komputer. Padahal terlalu banyak menatap layar komputer dapat menyebabkan gangguan yang disebut dengan computer vision syndrome (CVS). Gangguan ini pun tak dapat diremehkan karena menurut sebuah data, CVS menyerang 64-90 persen pekerja kantoran.

Kendati takkan menyebabkan kerusakan mata secara permanen, tapi penderitanya tentu kesulitan merasakan kenyamanan saat harus bekerja dengan komputer atau laptop. Gejala yang paling sering muncul antara lain mata terasa tertekan dan terbakar, memerah, iritasi atau mengering, pandangan kabur hingga sakit kepala, nyeri leher dan bahu.



Beberapa faktor yang dapat menyebabkan CVS diantaranya gangguan penglihatan yang tak segera ditangani, mata kering, layar yang sangat silau, pencahayaan layar yang buruk, postur tubuh yang buruk saat bekerja dengan komputer.

Oleh karena itu jika layar komputer mulai 'menyiksa' mata Anda maka lebih baik simak 10 tips untuk menghindari gejala-gejala CVS seperti dilansir dari Healthland, Senin (17/9/2012) berikut ini.

1. Periksakan mata secara rutin
Jika rasanya ada yang salah dengan penglihatan Anda atau kacamata Anda yang lama tak lagi mampu membantu Anda menatap layar dengan baik tapi Anda belum bisa memperbaikinya maka Anda akan kesulitan menggunakan komputer.

2. Mengubah posisi komputer
Layar komputer seharusnya berjarak satu lengan dari tubuh Anda dan diposisikan tepat di depan wajah Anda, bukannya di samping. Posisi monitor bagian tengah juga harus di bawah mata agar ketika membaca atau mengetik sesuatu di komputer, leher Anda bisa tetap terasa rileks.

3. Ikuti pedoman pembentukan postur tubuh
Metode ini akan mengurangi tekanan pada punggung, leher dan bahu saat menggunakan komputer.

4. Pastikan pencahayaan layar sudah tepat
Untuk memastikan apakah pencahayaan pada layar komputer Anda sudah tepat atau belum, cobalah memandang ke monitor dan buatlah lingkaran dengan tangan Anda dan tangkupkan ke mata. Jika mata Anda terasa baik-baik saja berarti pencahayaannya harus diubah.

Bisa juga dengan mengubah pencahayaan layar menjadi terang dan redup lalu pilihlah yang mana diantara keduanya yang paling terasa nyaman bagi mata Anda.

5. Kurangi kesilauan layar
Pasang aplikasi anti-silau pada monitor Anda. Mengubah kontras dan kecerahan layar sesuai dengan kenyamanan mata Anda juga dapat membantu mengurangi kesilauan layar.

6. Banyak berkedip
Cara ini akan mencegah mata menjadi kering. Jika cara ini tak mempan, cobalah menggunakan tetes mata agar mata tetap basah.

Pastikan juga udara dari ventilasi tidak mengenai langsung ke mata Anda karena dapat membuat mata menjadi kering. Kalau perlu gunakan pelembab ruangan jika ruangan Anda memang sangat kering.

7. Sering-sering mengalihkan pandangan dari layar
Mengambil jeda dari pekerjaan untuk berdiri, merenggangkan badan atau hanya mengalihkan pandangan ke kejauhan setiap 15 menit sekali akan membuat mata tak terlalu lelah jika dipakai bekerja di depan komputer.

8. Rutin membersihkan monitor
Debu dapat menurunkan ketajaman layar, akibatnya mata harus bekerja lebih keras saat menatapnya.

9. Mencoba kacamata khusus pengguna komputer
Berbeda dengan kacamata biasa, kacamata ini dirancang khusus untuk digunakan saat bekerja dengan komputer.

10. Pertimbangkan terapi penglihatan optometrik (optometric vision therapy)
Sejumlah pengguna komputer memang memiliki gangguan saat harus memfokuskan matanya dan kondisi ini tak bisa diatasi hanya dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak. Terapi penglihatan ini direkomendasikan oleh dokter dan berisi sejumlah aktivitas yang didesain untuk meningkatkan fungsi penglihatan (seperti halnya olahraga mata).

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...