10 Ramalan Kiamat Yang Akhirnya Gagal!


Jumat (21/12) kemarin bisa dibilang sebagai salah satu hari yang paling dinantikan oleh orang di seluruh dunia. Beberapa orang menanti dengan penasaran, yang lain menanti dengan ketakutan. Namun juga ada yang bersikap tak peduli.

Bukan tanpa alasan, karena akibat penghitungan kalender suku Maya yang berakhir pada 21 Desember 2012, banyak sekali pihak di dunia yang menganggap bahwa kemarin itu adalah hari akhir dunia, bahkan sampai menjadi inspirasi untuk film 2012.

Tapi tenang saja, kini kamu sudah sampai di hari Sabtu (22/12) yang lambat laun membuat banyak orang tak percaya dengan kiamat ala suku Maya itu. Tak hanya sekali ini saja, dunia memang sudah seringkali mendapat ramalan kiamat yang rupanya tak ada yang terjadi. Apa saja ya ramalan-ramalan kiamat yang akhirnya gagal itu?


1. Ayam Peramal dari Leeds: 1806


Banyak kitab suci yang menyebutkan bahwa ketika kiamat tiba, maka akan ada nabi yang turun ke Bumi. Namun, mungkin 'nabi' yang paling aneh adalah seekor ayam petelur asal kota Leeds, Inggris pada tahun 1806 silam. Ayam ini awalnya disangka menghasilkan telor yang bertuliskan 'Kristus akan datang'. Dengan semakin banyak orang yang percaya kiamat benar-benar tiba dan membuat seseorang penasaran mengawasi sang ayam saat bertelor. Hasilnya? Dia melihat ada seorang penipu yang menuliskan kalimat itu di telor si ayam.

2. Kaum Millerite: 23 April 1843


Seorang petani Inggris bernama William Miller yang sudah bertahun-tahun mempelajari Alkitab menyimpulkan secara bebas dengan penafsiran pribadinya bahwa Tuhan memilih menghancurkan dunia antara 21 Maret 1843-21 Maret 1844. Miller bahkan memiliki pengikut yang bernama Millerite yang meyakini kiamat pada 23 April 1843. Banyak yang percaya sampai mengorbankan banyak harta mereka, namun ketika menyadari Tuhan mereka tak pernah tiba, perkumpulan itu kini dibubarkan dan mereka membentuk gerakan yang dikenal dengan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

3. Armageddon/Kiamat kaum Mormon: 1891 atau sebelumnya


Pendiri gereja Mormon bernama Joseph Smith mengadakan rapat gereja pada Februari 1835 untuk memberitahu bahwa dia baru saja berbicara dengan Tuhan. Selama berbincang dengan Tuhan (atau entah siapa), Smith menyatakan bahwa Yesus akan turun ke bumi dalam waktu 56 tahun ke depan dan masa akhir zaman segera dimulai. Apakah terjadi?

4. Komet Halley: 1910


Tahun 1881 seorang astronom dari analisa spektral menemukan ekor komet mengandung gas mematikan yang disebut cyanogen (dari asal kata sianida). Awalnya biasa saja, sampai seseorang menyadari bahwa orbit komet yang dinamakan Halley ini akan bersentuhan dengan orbit Bumi di tahun 1910. Setelah banyaknya kecemasan publik karena menduga gas beracun itu bisa membuat banyak orang mati dan ras manusia musnah, para ilmuwan menjelaskan bahwa tak ada yang perlu dikhawatirkan akan kiamat yang tak terjadi itu.

5. Pat Robertson: 1982


Pada Mei 1980, Televangelis dan pendiri Koalisi Kristen, Pat Robertson secara mengejutkan (dan gila) menyatakan dalam acara TV, 700 Club kepada seluruh penonton bahwa dia tahu kapan kiamat terjadi (yang sebetulnya di seluruh kitab suci agama menyebutkan bahwa tak ada makhluk hidup dan malaikat yang tahu kapan kiamat kecuali Tuhan Yang Maha Esa). Dengan tegasnya Robertson menyatakan bahwa pada tahun 1982 akan terjadi kiamat, hasilnya? Kamu masih bisa hidup sampai 2012 bukan?

6. Heaven's Gate: 1997


Pada tahun 1997, sempat ada komet Hale-Bopp yang muncul bersamaan dengan isu gila bahwa ada UFO yang mengikutinya. Kedatangan komet itu ditutupi oleh NASA dan komunitas astronomi, meski dugaan itu dibantah para astronom (dan orang waras lainnya). Rumor itu menginspirasi suatu perkumpulan Heaven's Gate yang percaya bahwa UFO itu yang akan membawa mereka menghindari akhir dunia. Hasilnya memang dunia 39 orang itu berakhir karena bunuh diri dengan pemahaman bahwa roh mereka dijemput oleh UFO itu pada 26 Maret 1997.

7. Kedatangan Abad Baru: 2000


Ketika abad lalu hampir berakhir, maka pergantian milenium tahun 2000 memang sempat membuat banyak isu kiamat. Beberapa di antaranya adalah komputer yang dianggap bisa membuat kiamat serta pengarang buku 5/5/2000 Ice: the Ultimate Disaster, Richard Noone di tahun 1997 yang meyakini bahwa massa es di Antartika akan menjadi setebal 3 mil pada 5 Mei 2000. Anehnya, tanggal itu tepat dengan sejajarnya planet-planet di tata surya. Namun faktanya yang terjadi adalah ketika tanggal itu berlalu sampai 12 tahun sekarang, Bumi belum beku.

8. Nostradamus: Agustus 1999


Karya tulis Michel de Nostradame yang memang membingungkan dengan banyaknya kalimat metaforis itu menarik perhatian banyak orang selama lebih dari 400 tahun. Beberapa ramalannya dianggap tepat termasuk salah satunya, "Tahun 1999, bulan ketujuh. Dari langit datang raja besar teror," yang membuat orang berpikir akan kiamat yang terjadi. Tapi, mungkin sepertinya Nostradamus melakukan kesalahan karena itu tak terjadi.

9. God's Church Ministry: Musim gugur 2008


Ronald Weinland, pendeta dari God's Church menyatakan bahwa kiamat akan tiba (lagi). Bukunya 2008: God's Final Witness yang diterbitkan pada 2006 menyebutkan bahwa akan ada ratusan juta orang meninggal pada akhir 2006, tulisannya yang terkenal seperti, "Paling lama hanya akan ada 2 tahun tersisa sebelum dunia mengalami waktu paling terburuk sepanjang sejarah manusia. Musim gugur 2008 nanti Amerika akan tumbang sebagai negara berkuasa dan tak akan jadi negara merdeka lagi. Ronald Weinland mempertaruhkan reputasinya sebagai nabi akhir zaman Tuhan," Dan apakah terbukti? Oh jangan buang-buang waktu untuk memikirkannya.

10. Harold Camping: 2011


Pendeta aliran Kristen Evangelis ini memperingatkan umat manusia di dunia untuk menghadapi kiamat yang akan datang pada Jumat, 21 Oktober 2011 lalu. Peramal kiamat asal California ini sudah dua kali salah memprediksi datangnya kiamat. Pertama Harold Camping memperkirakan kiamat pada 6 September 1994 dan 21 Mei 2011. Salah tiga kali, Camping akhirnya bertobat. Bahkan Camping terkena stroke ringan, apakah merupakan karma dari Tuhan?
  

Comments