8 Kamera Digital Terbaik Tahun 2012


Mengabadikan momen berharga dalam hidup kini sudah menjadi amat mudah. Cukup banyak jenis perangkat yang bisa digunakan untuk merekam gambar diam maupun bergerak. Meskipun begitu, keberadaan kamera digital masih amat dibutuhkan bagi konsumen yang menginginkan hasil foto terbaik.

10 tahun yang lalu harga kamera digital masih sangat mahal dengan hitungan megapixel dan spesifikasi yang relatif terbatas. Kini, kita dimanjakan dengan kemunculan kamera digital yang terjangkau dengan teknologi fotografi yang inovatif.

Berikut delapan kamera digital terbaik yang diperkenalkan di tahun 2012:

Kamera kelas pemula terbaik (di bawah Rp1,5 juta): Panasonic Lumix S5


Hasil foto dari kamera 16 megapixel dengan  zoom optikal 4x ini cukup baik, dari segi ketajaman dan reproduksi warna. Ada dua fitur keren yang tidak  dimiliki pesaingnya di tingkat harga ini, yaitu Panorama dan Optical Image Stabilisation. Desain yang cukup stylish dan penggunaan yang mudah serta respons yang cepat menjadi faktor tambahan bagi kami untuk memilihnya sebagai kamera murah meriah terbaik di tahun 2012.

Kamera prosumer terbaik: Sony Cybershot DSC-RX100


Apa jadinya jika kamera prosumer menggunakan sensor yang digunakan oleh kamera mirrorless yang harganya lebih mahal? Hasilnya adalah kamera saku berukuran ringkas dengan hasil foto yang amat baik. Rahasia RX100 terletak pada paduan ciamik sensor CMOS Exmore R 20 megapixel berukuran 1 inci dan lensa Carl Zeiss Vario-Sonnar 28mm-100mm (atau setara zoom 3,6x). Paduan harmonis antara desain, kualitas foto dan kemudahan penggunaan menghantarkannya sebagai kamera prosumer terbaik di tahun 2012.

Kamera mirrorless terbaik: Sony NEX-6


Meningkatnya permintaan akan kamera mirrorless yang ukurannya relatif lebih mungil tapi dengan hasil foto setara DSLR menjadikan kategori ini sebagai kategori yang paling "panas". Sony NEX-6 berhasil muncul sebagai pilihan kami berkat paduan teknologi inovatif dan hasil foto yang mengagumkan. NEX-6 juga merupakan jajaran Sony NEX pertama yang menggunakan mode dial seperti kamera DSLR, sehingga lebih memudahkan penggunaannya. Sony NEX-6 juga merupakan kamera mirrorless pertama dengan fasilitas Wi-Fi terintegrasi.

Kamera DSLR pemula terbaik (di bawah 10 juta rupiah): Nikon D3200


Harga kamera DSLR dari Nikon ini memang cukup terjangkau, hanya di kisaran 5 jutaan untuk paket dengan lensa. Tapi jangan pandang enteng dulu. Hasil foto 24 megapixel dapat diandalkan, ditunjang dengan desain yang ergonomis. Inilah kamera DSLR terbaik untuk kelasnya.

Kamera DSLR terbaik: Canon EOS 5D Mark III


Bagi para fotografer profesional, kamera DSLR dengan hasil dan kinerja yang handal wajib hukumnya. Untuk itu Canon EOS 5D Mark III menjadi jawabannya. 

Tidak hanya handal dalam urusan fotografi, 5D Mark III juga menjadi andalan videografer di seluruh penjuru dunia. Inilah kamera DSLR dengan rasio harga/performa terbaik untuk tahun 2012.

Kamera superzoom terbaik: Canon Powershot SX50-HS


Jangkauan zoom lensa merupakan salah satu fitur yang diperhatikan oleh konsumen kamera digital. Canon Powershot SX50-HS ini tidak mengecewakan untuk hal itu. Lensa dengan jangkauan zoom optikal 50x atau setara 24mm-1200mm merupakan salah satu yang terjauh di kelasnya untuk saat ini. 

Ditunjang dengan desain yang ergonomis, layar putar fleksibel dan hasil foto menawan, inilah kamera superzoom terbaik untuk tahun 2012.

Desain kamera terbaik: Olympus OMD-EM5


Tidak hanya fitur, desain ternyata juga menjadi salah satu faktor yang diperhatikan konsumen. Gaya desain vintage retro tampaknya masih akan menjadi tren sampai tahun 2013 mendatang. Untuk tahun 2012, Olympus OMD-EM5 dinobatkan sebagai kamera dengan desain paling oke, baik dari segi ergonomi dan estetika. Kecantikan fisiknya juga berhasil diimbangi dengan kualitas jeroannya yang handal.

Kamera paling inovatif: Sony Cybershot RX1


Ini adalah pilihan paling mudah mengingat RX1 merupakan satu-satunya kamera saku dengan sensor full-frame. Ide untuk memasukkan sensor full-frame ke dalam bodi kamera yang ringkas mungkin hanya terlintas di sebagian vendor dan konsumen, tapi baru Sony yang punya keberanian untuk mewujudkannya.

Comments