Inikah XBOX Generasi Selanjutnya?


Industri game mau tidak mau memang harus menuju ke arah teknologi konsol generasi selanjutnya. Perangkat keras yang kian tertinggal dari perkembangan PC yang dinamis membuat konsol tampil seolah teknologi yang ketinggalan zaman. Para developer pun tak punya alternatif lain selain memaksimalkan perangkat yang ada dan seringkali berujung pada penurunan kualitas grafis dan framerate yang rendah. Berbagai rumor yang ada memang sudah melaporkan bahwa Microsoft sendiri sudah menjajaki kemungkinan konsol baru dalam satu hingga dua tahun ke depan. Inikah konsol yang mereka maksud?

Antusiasme terhadap munculnya konsol baru tidak hanya melanda para gamer, tetapi juga para pelaku industri yang bergerak di belakangnya. Salah satu designer dari perusahaan desainer terkenal Yanko Design – Joseph Dumary “meramalkan” visi tersebut dalam sebuah konsep konsol generasi selanjutnya yang futuristik. Konsol yang ia namakan sebagai XBOX Prestige ini datang dengan ukuran yang lebih kecil dari slim, namun dengan kemampuan yang jauh lebih hebat. Dengan prosessor 8 core dan internal harddisk 2 TB, XBOX Prestige juga hadir dengan kemampuan GPS, 3D, dan Kinect dua kamera yang diembatkan di dalamnya.



Walaupun tampak indah dan meyakinkan, apa yang dilakukan oleh Dumary ini sayangnya masih sebatas konsep. Baik Sony maupun Microsoft tampak masih enggan berbagi informasi tentang eksistensi konsol terbaru mereka. Secara logis, teknologi gaming memang terus berkembang dan kehadiran teknologi baru seperti ini memang tidak terhindarkan. Namun dalam 1 -2  tahun? Microsoft sendiri sudah menegaskan bahwa mereka tidak akan memikirkan opsi tersebut selama XBOX 360 masih mampu terjual dengan angka yang cukup baik. Yang bisa kita lakukan sementara ini? Menunggu dan menabung.

Comments