Ads

28 Desember 2012

Main Game Hanya Membuang Waktu? Itu Salah!

Bagikan:


Setiap orang tentu pernah berpikir seperti yang tertera pada judul diatas. Namun jika itu merupakan kata-kata yang terbantahkan, tentu semua juga tidak pernah akan mengira. Bagaimana bisa sebuah pernyataan yang memang benar secara logika ternyata ada satu alasan yang bisa mematahkan itu?

Click image for larger version. 

Name:	50992ee6bb9551352216294intelligencearticle_image.jpg 
Views:	14 
Size:	32.4 KB 
ID:	53551

Sebuah permainan memang dapat dimainkan dimana saja dan kapan saja, seperti halnya bermain game pada ponsel atau tablet ketika justru berada di tempat kerja. Itu seperti tidak menggunakan waktu dengan sangat efektif dan terkesan seperti membuang-buang waktu. Sebuah penelitian menjawab dan membatah pernyataan diatas dengan mengatakan kalau bermain game yang Angry Birds yang sudah cukup terkenal itu justru malah membuat orang menjadi lebih cerdas, dan akan membuat seseorang yang sudah bekerja, bekerja dengan lebih baik. Mari kita bersama-sama membahasnya pada artikel berikut!

Click image for larger version. 

Name:	50992f20a050f1352216352boy-playing-video-games.jpg 
Views:	8 
Size:	15.5 KB 
ID:	53552

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Havard Business Review atau yang biasa disingkat HBR, dikatakan bahwa bermain game justru cara "cerdas" untuk menghabiskan waktu. Pada penelitian tersebut dikatakan kalau setiap orang yang bermain game Angry Birds akan menjadi lebih tangguh dan lebih membantu orang untuk berkonsentrasi pada pekerjaan. Selain itu juga menjaga agar setiap orang tetap fokus pada pekerjaan mereka masing-masing.

Main game memang benar adanya membuang waktu. Namun jika ditambahkan satu kata "hanya" pada kalimat tersebut-lah yang membuat pernyataan tersebut menjadi salah. Main game tidak hanya membuang waktu belaka tanpa menghasilkan apa-apa setelah selesai bermain. Ternyata main game dapat membentuk pribadi seseorang menjadi lebih tangguh, dan lebih berfokus pada satu titik yang benar-benar sedang mereka kerjakan.

Click image for larger version. 

Name:	50992f156c05413522163410.jpg 
Views:	7 
Size:	21.1 KB 
ID:	53553

Sebagai tambahan data tentang game ini, ternyata setiap harinya setiap orang telah menghabiskan waktu untuk bermain game Angry Birds ini selama kurang lebih 300 juta menit jika dikalkulasikan. Game yang lebih melekat pada platform smartphone ini ternyata tidak hanya dinikmati oleh anak-anak saja. Seorang dewasa seperti perdana menteri di Inggris yang bernama David Cameron ternyata juga menyukai Angry Birds, bahkan dia melontarkan kalau dia juga seorang pecandu game ini.

Jane McGonical juga mengungkapkan hal yang serupa melalui tulisannya di HBR dengan mengatakan kalau: "Why Games Make Us Better and How, They Can Change the World." Jadi yang dimaksudkan olehnya melalui kalimat ini adalah jika setiap orang secara rutin memainkan game tersebut maka orang tersebut dapat menjadi seseorang yang dapat memecahkan masalah dengan baik. Selain itu membentuk pribadi orang tersebut untuk menjadi orang yang tidak gampang untuk menyerah dan menjadi lebih ulet dalam melakukan sesuatu. Dia juga menambahkan, jika dalam satu jam orang memainkan game dalam jangka waktu 4 menit saja, maka akan membuat orang tersebut berpikir lebih positif.

Click image for larger version. 

Name:	50992efe8018313522163182011-01-13-makesyousmarter.jpg 
Views:	9 
Size:	120.3 KB 
ID:	53554

Jadi jika selamanya game dianggap negatif itu salah, masih ada beberapa faktor positif yang bisa dihasilkan seseorang dalam bermain game. Namun disini bukan untuk dijadikan alasan bermain game sepanjang hari tanpa memperdulikan lingkungan sekitar, karena hal tersebut justru akan membuat seseorang menjadi pribadi yang anti-sosial. Jadi tetaplah berkreasi dan tetap bermain game. Salam sejahtera!

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...