Ads

21 Januari 2013

7 Kebiasaan Buruk yang Membuat Hidup Terpuruk

Bagikan:




Gigih dalam bekerja memang hal yang baik. Tapi jika kegigihan itu sampai mengabaikan kesehatan dan mengubahnya jadi kebiasaan, tentu saja ini bukanlah sesuatu yang baik. Padahal, kesehatan adalah harta yang tak dapat dinilai dengan uang. Lalu apa sajakah kebiasan buruk yang timbul dari kegigihan tersebut? 

Menurut George Griffing, seorang profesor penyakit dalam di Saint Louis University, banyak orang yang terlalu memaksakan diri untuk menjadi sosok yang berhasil dalam karir. Sayangnya, hal ini nanti harus dibayar mahal jika kesehatan memburuk. Kesuksesan tentunya menjadi hal yang sia-sia, bukan?

Berikut ini, Griffing menjabarkan 7 kebiasaan yang berdampak buruk terhadap kesehatan yang pernah kita lakoni dalam rutinitas kerja:

1. Lupa Makan
Terbentur rutinitas, meeting, dan deadline, ada kalanya orang lupa meluangkan waktunya untuk makan. Padahal dengan mengisi perut, mental seseorang akan tetap tajam sepanjang hari. 

2. Tidak Berolahraga
Manusia tidak diciptakan untuk bekerja lebih dari 8 jam sehari. Jadi pastikan Anda meluangkan waktu berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari untuk menjaga kebugaran.

3. Memelihara Stres
Terkadang stres memang bagus untuk membuat anda tetap waspada dan termotivasi. Tapi, jangan sampai stres dibiarkan begitu saja dan mengambil alih tubuh hingga lemah.

4. Kurang Tidur
Seorang profesional sekalipun membutuhkan jam tidur sebanyak 7-9 jam sehari. Kekurangan jam tidur bisa membuat pekerja menjadi kelelahan, sulit konsentrasi, daya ingat merosot, dan sulit membuat keputusan. Selain itu, kebiasaan ini juga berhubungan dengan obesitas yang menjadi sumber berbagai penyakit.

5. Bekerja Ketika Sakit
Banyak orang tetap nekat bekerja sekalipun dalam kondisi sakit. Padahal dengan tetap berada di rumah akan membuatnya banyak waktu memulihkan kondisi untuk kondisi kesehatan yang lebih baik.

6. Minum Berlebihan
Yang dimaksud tentunya minum minuman beralkohol. Inilah kebiasaan yang menjadi penyebab utama timbulnya penyakit liver dan beberapa kasus kanker.

7. Mengabaikan Medical Check-Up
Kita perlu mengetahui kondisi terakhir mengenai apa yang sedang terjadi di tubuh kita. Semua itu bisa diketahui hanya dengan melakukan medical check-up. Dengan melakukan hal ini kita bisa mengatasi permasalahan kesehatan lebih dini sebelum menjadi petaka. 

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...