Ads

23 Maret 2013

Lizard-bot , Robot yang Menyerupai Kadal

Bagikan:


Lizard-bot , Robot yang Menyerupai Kadal

Sebuah robot berbentuk kadal yang dinamakan 'Lizard-bot' berhasil diciptakan. Robot yang dapat berjalan di atas pasir dengan sempurna seperti hewan kadal ini, membuat tim peneliti lebih optimis dalam upaya menciptakan robot menyerupai manusia di masa mendatang.

Dilansir ABC, Jumat (22/3/2013), hasil penelitian yang dimuat dalam Journal Science menjelaskan, penemuan kaki buatan pada Lizard-bot yang dapat berjalan di atas pasir berdasarkan ilmu fisika ini, diharapkan ke depannya akan membantu pengembangan robot mobile lainnya.

Robot berjalan seperti ini biasanya digunakan untuk tim SAR dalam misi penyelamatan pada keadaan darurat. Namun, kini robot ini pun dapat digunakan di dalam rumah.

"Kami ingin robot kami dapat bergerak di ruangan dan luar rumah menemani aktivitas manusia layaknya sebuah hewan peliharaan (pet)," kata Profesor Teknik Elektro di University of Pennsylvania, Dan Koditscheck.

Ia juga mengungkapkan rencananya untuk membangun robot seukuran manusia yang dapat membantu aktivitas pekerjaan rumah, seperti membangunkan tidur, menyiapkan makanan, dan mencari barang-barang yang terselip di antara barang-barang lainnya.

Akan tetapi, untuk dapat menciptakan robot seperti itu, memerlukan kemampuan dapat berjalan pada semua jenis permukaan yang berbeda.

Koditscheck dan tim peneliti lainnya saat ini sedang mencari mesin yang memungkinkan alas kaki robot dapat berjalan pada permukaan keras, bergelombang, dan basah.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...