Ads

19 Januari 2011

10 Hak Paten Apple yang Inovatif

Bagikan:

apple_logoSiapa bisa menyangkal bahwa perusahaan pimpinan Steve Jobs ini memiliki daya kreasi yang sangat tinggi? Kita tahu banyak produk-produk Apple yang sukses di pasaran karena sangat inovatif dan dalam waktu bersamaan mampu memenuhi cakrawala harapan para penggunanya.

Dalam periode tahun 2010 saja, Apple telah mengantongi sebanyak 563 hak paten. Beberapa di antara hak paten tersebut rencananya akan digunakan dalam produk-produk Apple di masa datang dan mungkin akan memberikan revolusi baru dalam dunia teknologi seperti halnya yang telah dilakukan oleh iPod, iPhone, App Store, dan iPad yang tengah digandrungi masyarakat dunia.

Seperti dilansir dari Mashable.com, 10 hak paten Apple berikut ini menunjukkan betapa inovatifnya Apple sebagai sebuah perusahaan.

1. iBike

Konsep sepeda pintar ala Apple ini dilengkai dengan sistem yang bisa mendeteksi detak jantung, kecepatan, jarak tempuh, berkomunikasi secara berkelompok, dan sebagainya.

2. Pengendali berbentuk tongkat

Pengendali dengan isyarat gerak nampaknya akan menjadi tren berikutnya setelah tren sentuh. Apple menangkap isyarat tren masa depan dengan mematenkan alat ini untuk perangkat Apple TV-nya. Pengendali jarak jauh dengan bentuk tongkat ini berfungsi sebagai pengatur kursor di layar melalui gerakan, meramban dan mengendalikan media.

3. iPhone tenaga surya
Apple telah merancang di atas kertas bagaimana mewujudkan sebuah produk dengan teknologi matahari tanpa harus mengorbankan segi estetiknya. Secara teori, Apple berencana untuk menyatukan panel surya dalam layar produknya. Dengan demikian membuatnya menjadi perangkat yang lebih ramah lingkungan.

4. iMac layar sentuh
Jika konsep ini benar-benar diterapkan, maka bukan sesuatu yang mustahil untuk menikmati sensasi menggunakan iPad dengan menggunakan perangkat iMac kita. Dengan desain layar iMac yang bisa ditarik keluar, kita bisa menggunakannya dengan kendali sentuhan tangan layaknya iPad.

5. iKey
Banyak dari pengguna perangkat iPhone menggunakannya sebagai alat pengambil gambar, pemutar MP3 dan konsol permainan genggam. Namun Apple juga kini melihat kemungkinan untuk menggunakan iPhone sebagai kunci yang bisa digunakan untuk mengamankan mobil, rumah dan sebagainya dengan berdasarkan sistem kode PIN yang berbasis jarak. Perusahaan Cupertino telah mematenkan gagasan iKey ini.

6. iHeadset

Diramalkan paten satu ini akan diluncurkan ke pasar dalam waktu dekat. Apple telah mendesain sebuah headset dengan fungsi pemutar ulang file media yang beroperasi sendiri. Bisa dikatakan inilah generasi penerus iPod Shuffle.

7. Aplikasi yang bisa dibagikan
Sebelumnya berbagi aplikasi layaknya ponsel lain dalam perangkat Apple via bluetooth atau Wi-Fi tidak dimungkinkan tetapi kini Apple berusaha memahami pelanggan dengan mengembangkan sebuah cara agar aplikasi bisa dibagikan pada teman lewat bluetooth atau Wi-Fi.

8. Buku komik game video
Bila Anda ingin menuntaskan level permainan Mass Effect yang telah Anda capai, Apple menawarkan sebuah cara untuk melakukannya di masa datang. Paten yang tidak biasa ini memungkinkan kita untuk menggambarkan kemajuan yang telah dicapai dalam video game, merekamnya dan kemudian mengubahnya menjadi sebuah buku atau buku elektronik dengan gaya khas komik.

9. Lensa magnetik
Meskipun iPhotography sangat menarik, penggunaannya hanya dibatasi pada perangkat keras tertentu. Apple memang telah mengadakan perbaikan pada kameranya, namun dibandingkan pabrikan lainnya, kamera Apple terasa kurang canggih. Dalam rancangan lensa magnetik ini, digambarkan sebuah cara untuk meningkatkan kualitas fungsional kamera dari sebuah perangkat bergerak dengan mengandalkan pembesaran magnetis atau tambahan lensa makro.

10. MacBook dengan proyektor terintegrasi
Kerepotan saat hendak memberikan presentasi kepada klien di saat darurat? Atau Anda merasa membawa proyektor adalah sebuah ketidakpraktisan yang membebani? Apple memikirkan solusinya dengan rancangan MacBook yang berproyektor. Cukup bawa MacBook kita ke mana saja dan kita bisa memberikan presentasi kapan saja di mana saja tanpa harus membawa proyektor berukuran besar.



0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...