Ads

25 Januari 2011

Dinosaurus Kecil Berjari Satu

Bagikan:


Dinosaurus kecil berjari satu


Dinosaurus kecil--seukuran burung beo--ditemukan di China. Spesies itu memiliki satu jari saja di setiap tangannya. Menurut arkeolog, inilah dinosaurus bertangan satu yang pertama kali ditemukan.

Dinosaurus dengan nama Linhenykus monodactylus itu merupakan keluarga theropod, grup karnivora berkaki dua. T-rex dan Velociraptor termasuk di sini.

Theropod biasanya punya 3 jari di setiap tangan. Tapi dinosaurus baru ini termasuk dalam keluarga alvarezsauroids yang kecil, berkaki panjang, dan memiliki 1 jari yang fungsinya diperkirakan sangat minimal. "Beberapa peneliti memperkirakan tangan itu digunakan untuk menggali sarang rayap," kata pemimpin studi Xu Xing dari Institute of Vertebrate Paleontology dan Paleoanthropology, Beijing.

Meskipun berjari satu, para peneliti menemukan sisa tulang untuk jari kedua. Tapi, jari itu tidak berfungsi sama sekali.

L. monodactylus ditemukan di Linhe, kota di Innter Mongolian. Diperkirakan, L. monodactylus ini hidup pada periode Cretaceous, antara 84 hingga 75 juta tahun yang lalu.

Fosil alvarezsauroid ditemukan di Amerika Utara dan Selatan, juga di Asia. "Kemungkinan mereka berasal dari Asia," kata Xu. (Sumber: National Geographic News)


0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...