Ads

27 Januari 2011

Inilah Profil Stadion Kebanggaan Barcelona

Bagikan:

Barcelona - Stadion juga merupakan simbol atau identitas dari sebuah klub sepak bola. Inilah sekilas profil stadion kebanggaan klub Barcelona, Stadion Nou Camp.

Headline

Stadion Nou Camp merupakan markas tim raksasa Spanyol Barcelona. Nama Nou Camp sendiri memiliki arti stadion baru. Stadion ini dirancang oleh arsitek Josep Soteras Mauri dan Francesc Mitjans Miro. Saat ini, Camp Nou menjadi stadion terbesar di Eropa dengan kapasitas lebih dari 99 ribu tempat duduk. Dekatnya jarak antara tribun penonton dengan lapangan hijau dan ukurannya yang impresif, membuat stadion milik El Barca itu dikenal sebagai stadion yang paling terasa atmosfer hubungan emosional antara pertandingan di lapangan dan dukungan penonton.

Dulunya, Stadion ini bernama Estadi del FC Barcelona. Namun, setelah melakukan voting, para petinggi Barca setuju mengubah namanya menjadi Nou Camp pada 2000. Sejak berganti nama, banyak pertandingan internasional digelar di stadion ini, termasuk dua kali laga final Liga Champions.

Stadion ini dibangun pada 28 Maret 1954 dan pertama kali dibuka untuk umum pada 24 September 1957. Sepanjang perjalanannya, stadion ini telah dua kali mengalami renovasi, yakni pada 1998 dan 2008. Stadion ini memiliki lapangan sepakbola berukuran 105 68 m.

Tak hanya stadion sepak bola, namun ada juga museum dan area multimedia di dalam stadion ini. Di area multimedia, Anda akan melihat dan mendapatkan seluruh informasi apapun yang ingin Anda ketahui. Mulai dari informasi sejarah klub sampai cuplikan gol-gol terbaik yang diaplikasikan dengan teknologi layar sentuh. Atau mendengarkan lagu kebanggaan Barca dalam beberapa bahasa.

Sedangkan di museum, Anda juga bisa melihat dereten trofi yang telah dikoleksi tim raksasa Catalan itu. Meskipun demikian, namun para pengunjung tidak diperbolehkan untuk menyentuhnya.

Stadion ini juga pernah dijadikan sebagai tempat acara keagamaan dan konser beberapa musisi dunia. Pada 17 November 1982, Paus Paulus II pernah melakukan ceramah yang dihadiri sebanyak 121ribu jemaat. Di tahun 1983, musisi Julio Iglesias juga pernah melakukan konser yang dihadiri 60 ribu penonton. [nic]

Inilah Profil Stadion Nou Camp:

Nama : Camp Nou

Lokasi : Avinguda Aristides Maillol, Barcelona

Dibuat : 28 Maret 1954

Dibuka : 24 September 1957

Tahun Direnovasi: 1994, 2008

Arsitek : Francesc Mitjans dan Josep Soteras

Kapasitas : 99,354[1]

Luas : 105 68 m


sumber

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...