Kuburan massal prasejarah ditemukan di Lahat


Kuburan massal prasejarah ditemukan di Lahat


Kuburan massal dan situs megalit yang diperkirakan berumur ribuan tahun ditemukan di Gumay Ulu, Kabupatan Lahat, Sumatra Selatan.
Kuburan massal dan situs megalit dari zaman prasejarah itu ditemukan dalam kebun kopi milik Thamrin (62), warga Desa Segayun, Kecamatan Gumay Ulu. "Makam ini hanya diberi tanda dengan batu dan hanya satu yang nisannya terdapat ukiran mirip motif kain batik dengan tinggi 50 cm dan lebar sekitar 15 cm," kata Thamrin, Senin (17/1).

Kristantina Indriastuti, peneliti dari Balai Arkeologi Palembang mengungkapkan kemungkinan kalau kuburan tersebut adalah makam raja. "Ditandai dengan isan berukuran mirip motif batik tersebut," ujarnya. Krisantina juga mengatakan bahwa daerah tersebut memiliki ciri-ciri kawasan permukiman prasejarah dengan adanya arca-arca.

Selain ada batu nisan berukiran, terdapat pula satu patung manusia setengah badan berjarak sekitar 30 meter dari tempat tersebut. Diperkirakan bukan hanya ratusan, bahkan bisa jadi ribuan makam peninggalan masa lalu yang berada di kawasan ini. "Kami tidak tahu pasti berapa jumlah rinci kuburan massal ini, tetapi semuanya berada pada areal kebun kopi sekitar 1 hektar," kata Thamrin. (Yuli)
Sumber: Kompas.com

Comments