Ads

24 Januari 2011

Kura-kura berumur 100 tahun akan dikawinkan dengan 2 betina

Bagikan:

Kura-kura berumur 100 tahun akan dikawinkan dengan 2 betina

Putneymark/Wikipedia

Kura-kura raksasa jantan dari Taman Nasional Galapagos yang sudah berusia hampir 100 tahun akan coba dikawinkan lagi untuk memperoleh keturunan. Pihak taman nasional mengumumkan rencana tersebut Kamis (20/1/11).

Upaya mengawinkan kura-kura bernama George itu dilakukan untuk ketiga kalinya setelah dua perkawinan sebelumnya mengalami kegagalan. Selama dua dekade, George telah kawin dengan dua betina dari spesies Geochelone becki. Tetapi telur yang dihasilkan dari dua perkawinan itu gagal menetas.

Dalam upayanya kali ini, taman nasional mendatangkan dua betina berspesies Geochelone hoodensis bagi George. Studi genetik di Universitas Yale mengungkap, dua betina yang didatangkan lebih sesuai dan akan meningkatkan peluang menghasilkan keturunan.

George dipercaya merupakan individu terakhir subspesies Geochelone nigra abingdoni di Galapagos. Upaya mengawinkannya bertujuan untuk melestarikan jenisnya. Dua betina yang didatangkan untuk dikawinkan dengan George berasal dari Spanish Island di luar Galapagos.

Kepulauan Galapagos sendiri terletak 1000 km di seberang pantai Ekuador. Kepulauan ini kaya akan spesies-spesies hewan unik yang menginspirasi teori evolusi yang dikemukakan Charles Darwin. (Yunanto Wiji Utomo)
Sumber: Kompas.com

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...