Ads

18 Januari 2011

Tanda tanda akan datangnya Gempa Bumi

Bagikan:

Gempa bumi termasuk salah satu bencana alam yang bisa meluluhlantakkan jiwa dan raga. Sesuai dengan tingkatan besaran gempa dan dampak - dampak yang di timbulkannya. Maka, saat tak bisa mencegahnya, paling tidak kita bisa mengantisipasi sebelum bencana gempa itu datang, menghilangkan sebagian asa di hidup kita. Ada beberapa tanda datangnya gempa bumi dalam hal yang sederhana dan bisa di lihat di sekitar kita. Berikut ciri - ciri atau tanda datangnya gempa bumi, semoga menjadi peringatan dini.

1. Adanya awan berbentuk seperti angin tornado atau seperti pohon / batang berbentuk lurus / memanjang vertikal bisa dikatakan itu merupakan awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi. Adanya awan gempa yang berbentuk aneh tersebut tidak dapat memastikan kapan gempa akan terjadi. Awan seperti itu terlihat di Kobe 8 hari sebelum gempa. Di Niigata, awan seperti itu terlihat hanya 4 jam sebelum gempa Niigata Oktober 2004.


Awan yang berbentuk aneh tersebut terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi sehingga mampu menghisap daya listrik di awan sehingga terbentuk awan mirip angin tornado atau awan vertikal. Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar tersebut terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi.

2. Lakukan uji medan elektromagnetis di dalam rumah. Cek siaran TV apakah mengalami gangguan atau tidak. Apabila memiliki mesin fax, periksa apakah lampunya blinking sekalipun tidak sedang transmit data kemudian minta orang lain untuk mengirim fax ke alamat fax kita periksa apakah teks yang dikirim berantakan atau tidak. Matikan aliran listrik. Periksa apakah lampu neon tetap menyala redup sekalipun tidak ada arus listrik. Apabila Tv mengalami gangguan, lampu fax blinking padahal tidak sedang transmitting, teks yang kita terima berantakan dan neon tetap nyala sekalipun tidak ada arus listrik, itu menunjukkan adanya gelombang elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi kasat mata dan tidak bisa dirasakan oleh manusia.

3. Perhatikan hewan - hewan disekitar kita. Periksa apakah hewan - hewan seperti “menghilang”, lari, atau bertingkah laku aneh. Pada umumnya hewan memiliki kemampuan mendeteksi suara dan gelombang elektromagnetik melebihi kemampuan manusia. Apabila ketiga ciri - ciri tersebut terlihat dalam waktu bersamaan atau dalam selang waktu yang tidak terlalu lama maka bersiap siaplah untuk melakukan evakuasi.

4. Air tanah.
Perhatikan juga apakah air tanah tiba - tiba menjadi surut tidak seperti biasanya.

Jika empat tanda ini ada atau terlihat dalam waktu bersamaan, segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. Empat tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan memang akan ada gempa berkekuatan besar. Waspadalah dan persiapkan keamanan sedini mungkin.


0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...