10% Bandwidth Perusahaan Habis ke YouTube

Dari penelitian yang diungkapkan Network Box, terungkap bahwa 6,8 persen dari seluruh URL yang diakses oleh perusahaan lari ke Facebook. Adapun 10 persen bandwidth lainnya pergi ke YouTube.

Dalam penelitian yang melibatkan 13 miliar URL yang diakses oleh sejumlah perusahaan dengan tujuan mempelajari ke mana bandwidth kalangan usaha pergi, ditemukan bahwa Facebook dan YouTube menyedot trafik lebih besar dibanding Google dan Yahoo.

Google berhasil menarik 3,4 persen trafik dari seluruh URL yang tercatat oleh Network Box. Pada urutan berikutnya, Yahoo image server (YIMG) menguasai 2,8 persen. Yahoo sendiri hanya digunakan sebanyak 2,4 dari total bandwidth perusahaan yang diukur.

“Angka-angka ini menunjukkan bahwa IT manager perlu khawatir tentang banyaknya jumlah bandwidth yang lari ke jejaring sosial ataupun media sosial di kantor,” kata Simon Heron, Internet Security Analyst Network Box, seperti VIVAnews kutip dari SC Magazine, Kamis 22 April 2010.

“Ada dua kekhawatiran di sini,” kata Heron. “Pertama, karyawan akan men-download aplikasi dari jejaring sosial dan membahayakan keamanan. Kedua, jumlah bandwidth perusahaan tampaknya digunakan untuk aktivitas di luar pekerjaan,” ucapnya.

Laporan yang menyoroti khusus segmen bisnis memberikan alasan yang tepat mengapa banyak perusahaan menekan penggunaan jejaring sosial di jam kerja. Pasalnya, dari penelitan, rata-rata 7 dari 100 situs yang dikunjungi karyawan di jam kerja adalah Facebook.

Meski penelitian tidak mencatat berapa waktu yang dihabiskan, akan tetapi Facebook merupakan situs web yang paling banyak menyita waktu pengguna. Ini berarti pengguna menjelajah situs itu lebih besar dibanding jam istirahat kantor.

“Mungkin dalam waktu dekat kita akan memiliki jam istirahat makan siang dan jam istirahat Facebook sebagai bagian dari jam kerja karyawan,” kata Heron. “Alternatif lainnya adalah memblokir situs-situs media sosial secara total, akan tetapi tampaknya ini akan memicu kekecewaan karyawan,” ucapnya

Comments