Ibu Merokok Pengaruhi Kualitas Sperma Anak


Tingkat kualitas sperma seorang pria ternyata tak hanya dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang tapi juga berhubungan dengan masa lalu pria tersebut. Dalam hal ini adalah, gaya hidup ibu ketika mengandungnya.

Seorang ibu yang merokok saat mengandung anaknya, akan berpengaruh pada kesuburan anaknya. Kelak di kemudian hari, anak yang lahir seorang ibu perokok akan menurunkan kualitas sperma anak laki-lakinya. Demikian dilansir Daily mail, Senin (19/4/2010).

Menurut ahli biologi Inggris, Richard Shape, merokok, dan polusi udara sangat mempengaruhi kondisi bayi yang dikandung seorang perempuan. Asap rokok dan polusi udara akan memotong sejumlah sel sertoli yang sangat dibutuhkan bagi seorang laki-laki.

Bila dari masa kelahiran, sel sertoli anak laki-laki telah rusak dari bayi maka pertumbuhan sperma pria akan terganggu. Profesor Sharpe yang berasal dari Edinburgh University melakukan penelitian terhadap sejumlah faktor yang mempengaruhi kualitas sperma seperti asap rokok, obesitas.

Selain itu, Sharpe juga menemukan bahwa, konsumsi makanan dan produk-produk kosmetik yang mengandung bahan kimia yang digunakan ibu saat hamil juga mempengaruhi kualitas sperma anaknya.

Comments