Inilah Alasan Mengapa Anjing Membenci Tukang Pos (Di Dunia Nyata)


Anjing dan pak pos. Bagi banyak orang,akan langsung terpikirkan cerita kartun, yaitu anjing mengejar tukang pos di jalan. Untungnya, dalam kenyataan kebanyakan anjing tidak benar-benar mengejar si pembawa surat sesering yang mereka lakukan di film kartun, tetapi orang sering bertanya, "Mengapa anjing membenci pak pos yang membawa surat/kiriman?"

Jawabannya terletak pada bahasa anjing.Secara spesifik yaitu bahasa tubuh kebanyakan anjing, yang adalah cara anjing berkomunikasi. Misteri akan terungkap setelah Anda memahami cara berpikir anjing.

Ketika seorang tukang pos, atau orang lain yang melakukan pengiriman, sedang medekati rumah, mereka menghadap ke arah rumah (bagian depan tubuh menghadap rumah), dan anjing yang ada di dalam rumah akan mengawasi orang tersebut. Menghadapi anjing dengan bagian depan tubuh anda adalah bahasa tubuh yang dominan.

Anjing, sebagai penjaga rumah, secara naluri akan mengonggong.

Selanjutnya, orang pengirim tersebut sudah selesai mengirim, dia akan berbalik, dan berjalan pergi dari rumah. Dalam pikiran anjing, berjalan menjauh dengan punggung menghadap ke arahnya adalah bahasa tubuh patuh/takut/menyerah (submissive).

Apakah Anda melihat hubungannya? Anjing, yang awalnya mulai menyalak hanya karena ada orang di sana, sekarang di bawah kesan bahwa salakannya membuat orang takut itu takut dan pergi! Dia tidak menyadari bahwa orang tersebut m,emang akan pergi dan tidak ada hubungannya dengan gonggogan anjing tersebut

Seiring waktu, kalau ini terjadi secara teratur, beberapa hal dapat memungkinkan untuk terjadi. Salah satunya adalah bahwa anjing,yang sekarang berpikir bahwa ia telah menakut-nakuti tukang pos, menjadi lebih percaya diri dalam situasi ini. Salakannya mungkin mulai terdengar sedikit lebih mengancam.

Tukang pos, yang melihat bahwa gonggongan anjing mulai terdengar berbahaya, akan mungkin mulai menggunakan bahasa tubuh tambahan yang mengungkapkan rasa tidak nyaman kepada anjing. Begitu siklus ini terjadi, siklus ini akan terus berlanjut sampai terjadi masalah serius antar orang tersebut dan anjing yang bersangkutan

Masalah lain adalah bahwa anjing adalah makhluk yang sangat cerdas, dan banyak membuat hubungan bahwa setiap kali orang berseragam datang, hal yang sama terjadi. Itulah sebabnya mengapa masalah dapat meningkat untuk orang-orang berseragam lainnya.

Tentu saja, manusia tidak harus duduk diam dan membiarkan ini berkembang. Jika anjing Anda mulai bermasalah dengan tukang pos Anda, Anda dapat melatih beberapa ketaatan anjing untuk menghentikannya menggonggong. Juga dapat sangat membantu untuk membawa hewan peliharaan Anda keluar rumah (pastikan diikat dulu dnegan tali yang anda pegang) untuk bertemu dan bersosialisasi dengan tukang pos sebelum sampai ke tingkat yang berbahaya.

Pengantar surat yang bijaksana biasanya sangat senang berteman dengan anjing-anjing pada rute mereka (dalam lingkungan yang terkontrol, seperti dengan tali). Bahkan, beberapa orang tersebut memakai hadiah2 untuk diberikan kepada anjing (misal makanan kecil untuk anjing). Dengan demikian anjing - anjing akan menantikan kedatangannya dengan gembira.

Comments