Webb Akui Laga Tersulit Sepanjang Karir


Howard Webb mengakui jika duel final antara Spanyol dan Belanda di Piala Dunia 2010 lalu menjadi laga paling sulit selama ia bertugas memimpin sebuah pertandingan.

Wasit asal Inggris ini menjadi sorotan setelah menghujani laga bersejarah itu dengan 14 kartu kuning dan satu kartu merah. Jumlah itu menjadi rekor di partai puncak Piala Dunia. Sebagai perbandingan di final sebelumnya hanya keluar enam kartu kuning.

Tak hanya itu, wasit berkepala plontos ini juga menjadi sasaran kemarahan media Belanda yang menganggap kepemimpinannya lebih memihak pada Spanyol. Alhasil Spanyol berhasil menjadi juara dunia lewat gol semata wayang Andres Iniesta di babak tambahan waktu.

"Itu dua jam terberat dalam karir saya. Saya secara fisik dan emosi saya kusam tapi FIFA sangat memberikan dukungan tidak hanya di final tapi juga selama kompetisi berlangsung," ujar Webb seperti dilansir Metro.co.uk.

"Itu tidak mudah, sungguh tidak mudah dan mereka (pemain-pemain) sungguh sangat tidak membantu," lanjut Webb.

Dukungan kepada Webb diberikan langsung oleh Presiden FIFA Sepp Blatter, yang mengatakan Webb telah melakukan kerja dengan baik. Blatter lebih mengkritik para pemain yang tidak memberikan contoh yang baik di lapangan.

Comments